Kicauan Menyegarkan Paulo Coelho Jilid Kedua

Kemarin aku menyelesaikan buku Paulo Coelho yang berbeda dengan biasanya, yaitu berisi kumpulan kicauannya di twitter dengan ilustrasi yang menawan. Ada empat bab yang tersisa. Sengaja aku tulis di sini kicauannya yang menurutku menyegarkan, menyetil dan juga inspiratif agar aku mengingatnya. Yup, ini lanjutan bahasan dari buku The Magical Moment.

Bagian empat dimulai dengan kalimat bijak Paulo Coelho, “Apa gunanya kebijaksanaan, jika tak dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?” Ada perbedaan besar antara mereka yang bijak dan mereka yang bodoh. Pihak yang disebut bijak adalah mereka yang dipenuhi rasa ingin tahu dan banyak bertanya, sedangkan yang bodoh adalah mereka yang merasa paling tahu.Namun, ada kontradiksi dalam quote ini karena ia beranggapan, “Kadang jawaban ya atau tidak sudah cukup untuk menjelaskan hal-hal yang rumit,”.

Ia juga menjelaskan betapa indahnya dunia jika berwarna-warni. Tidak semua yang seragam itu indah, biarkan berwarna-warni seperti pelangi. Demikian pula dengan kehidupan. “Lihatlah pelangi, tidak semua hal dalam kehidupan ini yang hanya terdiri atas satu warna”.

Paulo juga mengingatkan pentingnya untuk lebih memperhatikan detail-detail dalam kehidupan, terutama yang Kamu sebut sebagai sebuah kebetulan. Tidak ada kebetulan yang disengaja, sebuah kebetulan bisa jadi direncanakan. Untuk itu berdoalah kepada Tuhan, agar Beliau membuka mata kita supaya kita melihat bahwa tak ada apapun yang terjadi secara kebetulan dalam hidup ini, dan bantulah kami untuk lebih peka dan menyadarinya.

Nikmatilah Harimu dan Jangan Merasa Bersalah

Apakah Kamu merasa bersalah menikmati harimu sementara orang-orang di sekelilingmu tengah sibuk atau tengah berkeluh kesah. Jangan kuatir dan jangan merasa bersalah untuk menikmati kehidupanmu. Jangan menyimpan yang terbaik untuk esok-esok hari, karena hidup ini singkat. Selain menikmati hari, maka upayakan untuk memberitahukan apa-apa yang Kamu pendam selama ini. Apakah Kamu sayang keluargamu, sampaikanlah lewat telpon atau langsung dalam tatap muka.

Stop berpikir tentang kehidupan, mulailah menjalaninya. Jangan terlalu direncanakan dan dicemaskan, nikmatilah kehidupanmu bak sebuah petualangan baru.

Ilustrasi karya Hwang Joong Hwan. Gambar cover dari pexels.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 10, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: