Dominasi Star Wars Tahun Ini Dikalahkan Ayat-ayat Cinta 2 dan Susah Sinyal

Siapa bilang film lokal tidak menarik? Peminat film Indonesia semakin banyak belakangan ini sehingga pembuat fim tidak kuatir seandainya film mereka berbenturan dengan jadwal film mancanegara yang terkenal. Persaingan film lokal dan film Hollywood ini bisa Kalian saksikan saat ini dimana Star Wars tidak lagi mendominasi jadwal pemutaran bioskop seperti dua tahun terakhir. Belum genap dua minggu penayangannya di Indonesia, film yang dinanti-nanti pada tahun 2017 ini mulai tergeser oleh kehadiran dua film lokal yang juga dinanti, yakni Susah Sinyal dan Ayat-ayat Cinta 2. Wah sebuah fenomena yang menarik!

Dibandingkan dua film sebelumnya, euforia Star Wars: The Last Jedi tidak begitu dahsyat. Pada tahun 2015, Star Wars: The Force Awaken menjadi banyak pembicaraan. Mungkin hal ini disebabkan penggemar Star Wars akhirnya mendapatkan kelanjutan kisah setelah Luke Skywalker, Han Solo, dan Leia Organa berhasil mengalahkan Darth Vader dan Sidious. Mereka begitu penasaran bagaimana nasib Leia dan keturunannya, namun kemudian kecewa ketika anak mereka, Ben Solo alias Kylo Ren beralih ke pihak musuh, seperti saya. Kok bisa sih kemenangan hanya bertahan 30 tahun saja?

Pada film 2016 yang merupakan prekuel, yaitu Rogue One: a Star Wars Story, sebenarnya menurutku biasa-biasa saja. Tapi karena para penggemar Star Wars termasuk aku penasaran dengan apa yang terjadi sebelum Luke Skywalker muncul sebagai orang yang ditakdirkan mengalahkan sisi jahat force, maka aku pun juga menonton. Namun jika diperhatikan perolehannya di Box Office Mojo, Rogue One: a Star Wars Story perolehannya total dari penayangan domestik dan mancanegara lebih sedikit daripada Star Wars: The Force Awaken yakni $1,056,057,273 vs $2,068,223,624.

Lantas bagaimana dengan Star Wars: The Last Jedi? Film ini juga menjadi film yang paling banyak diantisipasi pada tahun 2017 . Seandainya jadwalnya lebih maju, pada awal Desember 2017 maka bisa jadi filmnya bakal lebih sukses, termasuk di Indonesia.  Dari segi kesuksesan, perolehan pada hari pertama di Amrik lebih bagus dari Rogue One tapi lebih kecil daripada Force Awaken. Hingga saat ini The Last Jedi berhasil mengumpulkan pundi-pundi sebesar $610,602,356  dan baru berhasil menduduki peringkat 13 sebagai film terlaris 2017. Indonesia menjadi salah satu penyumbang terbanyak di kawasan Asia Tenggara.

Jika pada tahun sebelumnya Rogue One banyak diputar di berbagai bioskop dengan jadwal yang mendominasi, kali ini The Last Jedi hanya bertahan seminggu dan kemudian jadwalnya lambat laun berkurang. Dari hari Kamis sejak Ayat-ayat Cinta 2 dan Susah Sinyal resmi tayang, jumlah layar yang memutar The Last Jedi makin berkurang. Dari total 60 bioskop XXI hanya 25 bioskop yang masih memutarnya, berbeda dengan dua tahun terakhir.

Ketika hari Kamis ku ke bioskop, penonton Susah Sinyal dan Ayat-ayat Cinta begitu banyak. Momennya pas karena masuk liburan sekolah dan liburan kuliah. Pada hari pertama pemutaran, Ayat-ayat Cinta 2 dan Susah Sinyal berhasil meraup masing-masing 200 ribu dan 125 ribu penonton. Jumlah yang lumayan besar. Ayat-ayat Cinta 2 banyak disukai remaja perempuan dan kaum dewasa,  sedangkan Susah Sinyal segmennya lebih luas. Banyak remaja pria yang nonton ramai-ramai Susah Sinyal. Aku sendiri merasa terhibur menonton Susah Sinyal meski jika dibandingkan Cek Toko Sebelah, aku masih lebih tersentuh dengan cerita pada Cek Toko Sebelah.

Sepertinya Susah Sinyal dan Ayat-ayat Cinta akan berhasil menembus angka keramat 1 juta penonton. Selamat ya, Kalian membuktikan film lokal juga mampu bersaing dengan fil Hollywood dalam memperebutkan penonton.

Gambar dari IMDB dan Tirto

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 23, 2017.

2 Tanggapan to “Dominasi Star Wars Tahun Ini Dikalahkan Ayat-ayat Cinta 2 dan Susah Sinyal”

  1. Istriku ngambek dari kemaren pengen nonton ayat2 cinta 2 belum kesampain..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: