Ini Resolusiku 2018, Kalau Kamu?

Tahun 2017 tinggal hitungan hari. Setelah itu aku akan mengganti kalenderku dengan kalender tahun 2018. Pergantian tahun bukan sekedar berganti kalender, di dalamnya ada doa, harapan dan rencana. Resolusiku tahun 2017 tidak semuanya berjalan. Perlukah tahun ini ku menyusunnya lagi?

Aku membaca ulang resolusiku tahun lalu. Mengevaluasinya. Tidak semuanya berjalan lancar. Ada harapan dan rencana yang tak terlaksana. Aku merenungkannya. Yang gagal dan tak terlaksana itu banyak faktor penyebabnya, bisa karena aku tidak fokus, aku memang tidak terlalu menginginkannya, atau aku kehabisan energi karena mulai lelah setelah bekerja, menulis dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Rasanya yang salah bukan resolusi. Menurutku resolusi tetap perlu dibuat agar ada rencana dan arahan hidup untuk tahun mendatang. Hidup perlu perencanaan dan jangan dibiarkan mengalir begitu saja. Tujuan itu harus dikejar dengan sungguh-sungguh. Jikapun nantinya tidak terjadi sebagaimana mestinya, maka tidak akan menyesal karena telah berusaha dengan sepenuh hati. Hahaha jadi terkesan bijak.

Tahun ini aku tidak muluk-muluk. Tapi aku ingin resolusiku lebih detail agar benar-benar bisa terwujud. Aku akan meletakannya di tempat yang mudah kulihat agar aku termotivasi untuk mewujudkannya. Dalam buku The Secret ada sebuah rahasia untuk mewujudkan sebuah harapan. Intinya niat, usaha dan doa yang sungguh-sungguh serta energi yang tercurah di sana akan menjadi sebuah kekuatan besar untuk mewujudkan rencana tersebut.

Tahun ini daftar resolusiku panjang, tapi yang sifatnya sederhana agar aku bisa fokus dan menggapainya. Berikut daftarnya:

1. Bangun lebih pagi dan tidur lebih awal
Tahun ini aku sering tidur larut, rata-rata mendekati jam 12 malam, kadang malah baru tidur dini hari. Alhasil aku selepas Subuh masih suka melanjutkan tidur, terutama saat akhir pekan.

Uuh itu tidak sehat. Aku akan berniat untuk tidur lebih awal, maksimal jam 22.30 dan kemudian bangun lebih pagi, syukur-syukur jam 04.00 kurang lalu tidak tidur lagi. Selanjutnya aku bisa berlatih yoga, merenung, memasak untuk sarapan, berkebun, dan berbelanja ikan sayuran. Aku juga ingin kembali rutin berlari. Orang Jepang banyak berumur panjang karena rajin bangun pagi dan menghirup udara pagi yang segar. Aku akan mencobanya.

2. Menikmati momen dan merayakan hari
Kapan Kamu benar-benar fokus ke makananmu? Kadang-kadang pada saat hari kerja, aku makan terburu-buru. Aku sampai lupa seperti apa rasa masakanku. Aku juga membiarkan banyak momen seperti hanya sekelabatan, padahal momen seperti itu tidak bisa terulang.

Ada beberapa momen yang rupanya merupakan peluang keberhasilan. Sebuah momen berulang yang memberikan petunjuk ada sesuatu tapi terkadang terlewatkan karena tidak peka atau tidak memerhatikannya dengan sungguh-sungguh.

Aku akan mencoba untuk menikmati momen dan merayakan hari bersama kawan-kawan, pasangan, kucing-kucingku dan juga kerabatku. Jangan sampai aku menyesal karenanya.

3. Mengurangi menggunakan hape
Hape banyak membantu pekerjaan, tapi juga sumber distraksi. Awalnya ingin browsing A eh kemudian malah membuka aplikasi lain. Memang sih waktu yang tersita tidak banyak tapi mood dan energi jadi teralihkan.

Aku akan mencoba untuk mengurangi frekuensi menggunakan hape dan lebih fokus pada pekerjaanku. Mungkin 2-3 jam sekali aku baru mengecek hape, sama halnya dengan mengecek email. Waktu dua-tiga jam tersebut akan aku fokuskan ke kegiatan lain yang lebih produktif.

4. Lebih banyak menulis dan tidak menundanya
Tahun ini aku menulis tiap hari di blog pribadiku. Aku juga menulis di blog kuliner, resensi buku, dan Kompasiana. Biasanya aku suka menunda menulis sehingga ketika deadline tiba, moodku tidak sebaik seperti sebelumnya. Ya, aku tidak ingin lagi menunda-nunda pekerjaanku terutama yang berkaitan dengan ide dan menulis.

5. Lanjut belajar dan perbanyak membuat artikel berlatar studi
Studiku kacau dan aku tidak menamatkan beberapa materi kursus online. Oke aku akan membagi waktu antara bekerja, melakukan kegiatan rutin, menulis dan kemudian belajar. Menulis terus tanpa belajar maka akan kering. Dengan rajin belajar maka aku juga akan punya banyak referensi untuk membuat artikel, jurnal, ataupun makalah berlatar bidangku.

6. Mendengarkan musik dan membaca tiap hari
Dulu aku maniak musik dan kutu buku. Gara-gara sering terdistraksi kegiatan menyenangkan ini pudar. Oke aku akan kembali rajin mendengarkan musik dan membaca. Toh sekarang musik dan bacaan bisa diakses secara cuma-cuma. Dengan banyak membaca dan mendengarkan musik, maka jiwa akan kaya. Inspirasi juga akan bermunculan.

7. Memberikan waktu dan perhatian untuk orang-orang tersayang
Dulu aku suka membungkus kado. Suka memberikan ucapan ulang tahun kepada kerabat dan kawan-kawan. Aku jadi tergerak untuk kembali melakukannya ketika melihat rekan kerjaku terus aktif melakukannya dan ia menyukainya. Perasaan sama yang kurasakan waktu itu.

Aku juga jarang berkumpul bersama kerabat dan sobatku. Tahun ini aku akan memberikan sebagian waktuku untuk orang tersayang, kucing-kucingku, keluarga dan kawan-kawan. Lagi-lagi alasannya jangan sampai aku menyesal.

8. Merayakan keberhasilan tanpa banyak memikirkan anggaran
Hore aku menang hadiah, mau jalan-jalan ke Flores ah. Eh duitnya sayang

Aku sering menggagalkan keinginan dengan alasan anggaran. Duh apa nggak sayang duitnya. Tapi kapan lagi aku merayakan keberhasilan itu dan menikmatinya. Asal aku menyisihkannya ke mereka yang berhak, aku punya hak untuk menggunakan sebagian hadiah untuk melakukan hal yang kusenangi, membeli tanaman, menonton konser jalan-jalan ke Flores, Maluku, Macao, atau ke Jepang. Oke aku akan perpanjang paspor dan kemudian akan memberikan agenda jalan-jalan dan menonton konser pada tahun ini.

Seperti yang kusebutkan di atas aku sekarang mulai merasa mudah lelah. Mungkin karena faktor usia. Tapi aku tidak boleh kalah dengan usia. Untuk itu selain menjaga kesehatan, rajin berolah raga, aku perlu suplemen. Agar ketika suatu saat aku kelelahan dan sakit, aku mudah pulih.

Lelah itu manusiawi, sakit itu yang harus dihindari. Jikapun tak mampu dilawan, maka proses sakit jangan lama-lama karena bakal merugikan diri sendiri dan sekeliling. Salah satu cara agar sakit jangan kelamaan yakni dengan minum Theragran-M. Yakni suplemen multivitamin yang juga kaya mineral. Di dalam setiap kapsulnya terdapat vitamin A, B kompleks, C, D3, dan E. Juga terdapat mineral seperti Iodium, besi, tembaga II, mangan II, Magnesium, dan Zinc sehingga membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan.

Aku beberapa kali mengonsumsi Theragran-M saat sakit seperti pilek dan radang tengorokan. Alhasil membantu. Menurutku Theragran-M vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.

Aku siap meraih dan mewujudkan resolusi 2018. Kalau Kamu, apa resolusimu?

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

gambar cover dari pexels. Gambar tengah (awan dan patung dari pixabay). Gambar lainnya dokumen pribadi

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 25, 2017.

41 Tanggapan to “Ini Resolusiku 2018, Kalau Kamu?”

  1. Ini Resolusiku 2018 lihat di blogku.

  2. Amin, maaf kenapa di hapus ya?

  3. semoga saja 2018, rejekiu makin lancar.

  4. thank you mba buat tips-nya, jadi reminder buat aku nih 🙂

  5. nomor 1 dan 3 itu pengen banget diwujudkan kaka..

  6. Semoga semua resolusi nya tercapai yes tahun depan.

  7. Smoga semua resolusinya tercapai amin

  8. Resolusinya mantep neh. Semoga sukses mba

  9. Resolusi yang bisa ditiru juga nih

  10. No 4 nih, aku juga punya pikiran begitu untuk 2018 nanti, hehehe

  11. wah bener banget jangan menunda sampe deadline ya

  12. Semoga tercapai ya resolusinya mba

  13. Aku kayakny akan punya resolusi yg sama nih hehehe, bangun lbh pagi dn tidur lbh awal haha.

  14. Aku juga ingin lebih menghabiskan waktu dengan keluarga. Heem sangat menginspirasi mbak 😊

  15. Dewi keren nih tulisannya mewakili diriku poin 1,3 dan 4. Pengen bisa tidur awal, tidak menunda tulisan. Semoga 2018 terwujud

    • Iya nih mba Dennise, kadang ada rasa sayang nih tidur cepat, tapi kalau dipikir-pikir lebih enak bangun pagi dan tidak tidur lagi, daripada bangun buat ibadah kemudian tidur lagi. Badan jadi berasa kurang fresh.

  16. Aku jadi ikutan mikir, resolusiku apa yaaa?
    Aku kepengen ajak anggota keluarga jalan2 ke luar kota tahun ini, ke Cirebon atau Malang.

    Mudah2an resolusi kita sama2 terwujud ya mbak…

  17. Makan buru2 sampai lupa rasa makanannya? 😂Ckckck…

  18. Menarik Mbak, vitaminnya sebagai penunjang aktivitas…

  19. Nomer 3 aku banget tuuh, mengurangi main hape dan memperbanyak hal produktif lainnya seperti berinteraksi sama anak. Semoga tercapai semua ya resolusinya.

  20. Semoga resolusinya terwujud semuanya ya mbak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: