Memaknai Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional telah diperingati kemarin, 20 Mei 2018. Tentunya momen ini bisa jadi momen refleksi perjalanan bangsa Indonesia selama 110 tahun. Pada tahun 1908 para cendekiawan dan para pemuda mulai berpikir hal-hal kebangsaan, bagaimana cara untuk menyatukan bangsa, tidak hanya bersifat kedaerahan. Lantas apa yang diperlukan negeri ini saat ini?

Berbicara tentang pekerjaan rumah bagi bangsa Indonesia, rasanya begitu banyak. Pada 20 tahun silam, tepatnya tahun 1998, bangsa Indonesia seolah-olah menemukan momen untuk bebas berbicara. Momen yang disebut masa reformasi. Tapi entahlah sepertinya masa itu kemudian kebablasan sehingga tumbuh organisasi-organisasi tertentu yang tidak sesuai dengan cita-cita bangsa,yang malah bersifat ekslusif dan hanya mementingkan golongan. Paham-paham yang mengarah ke radikalisme pun anehnya kemudian tumbuh subur, seolah-olah sembunyi di balik di makna demokrasi dan HAM.

Ada banyak hal PR bangsa Indonesia dari masalah persatuan yang mulai terkikis dengan mudahnya diadu domba, juga dengan daya beli masyarakat yang melemah. Belum lagi ancaman teroris yang membuat masyarakat was-was.

Apapun masalah bangsa ini, tidak bisa diatasi dengan pimpinan semata. Bukan masanya lagi pahlawan yang bekerja sendirian. Pahlawan juga perlu teman untuk membantunya. Masyarakat juga perlu membantu dengan segenap kemampuan yang dimilikinya. Jangab hanya larut dengan berita hoaks dan ujaran kebencian, namun sebarkanlah energi kebaikan.

Hari ini hari pertama minggu ketiga bulan Mei. Jika biasanya hari Senin tidak disukai, cobalah memikirkan hal-hal yang menarik dan berkontribusi bagi lingkunganmu walaupun kecil. Memberikan senyum dan tempat duduk bagi yang memburuhkan di kereta adalah salah satu kebaikan kecil. Selamat hari Senin dan Selamat bekerja:)

Gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 21, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: