Siapkan Lima Hal Ini Agar Mudik Nyaman dan Aman

Libur lebaran sudah di depan mata. Sembilan hari lagi waktunya untuk mudik dan bersilaturahmi. Omong-omong tentang agenda mudik, tahun ini kami berdua akan berlebaran di Malang.

Jarak Jakarta ke Malang begitu jauh. Kami akan menempuh sekitar seribuan kilometer. Perjalanan ini jika ditempuh secara darat pada kondisi normal sekitar 17-22 jaman.

Tahun ini kami akan menggunakan kendaraan pribadi. Si Putih, sebutan untuk Grand Livina putih kesayangan kami, sudah pernah menyambangi Malang. Namun, waktu itu kami menempuhnya pada bulan biasa.

Waktunya ajak jalan-jalan si Putih

Nah, agar mudik benar-benar nyaman sekaligus aman berikut lima persiapan yang kami lakukan:

1. Persiapkan Stamina
Perjalanan jarak jauh akan menimbulkan kelelahan fisik dan mental, apalagi dilakukan selama berpuasa. Untuk itu, mumpung masih ada waktu seminggu maka bisa menyiapkan stamina yang oke dengan beristirahat yang cukup, menyantap makanan bergizi, dan berolah raga ringan.

2. Cek Kondisi Mobil
Si Putih akan melakukan perjalanan jauh, sehingga kondisinya pun harus prima. Sebelum berangkat kami akan membawa si putih ke bengkel untuk diperiksa kondisinya. Kegiatan pemeriksaan ini mencakup spooring dan balancing. Si Putih selama ini melewati berbagai kondisi jalanan dari yang mulus, jalan yang bergelombang hingga jalan yang berlubang hingga dikuatirkan sudut kaki-kaki mobil bergeser. Jika dibiarkan maka ban bisa cepat aus atau malah pecah.

Salah satu produk yang memiliki teknologi cerdas dalam memeriksa spooring balancing adalah Hunter. Dengan Hunter Quick Check maka bisa diketahui kondisi mobil apakah perlu spooring balancing atau tidak. Hunter selama ini terkenal dengan produk wheel alignment (spooring) dan wheel balancer (balancing). 

Teknologi Hunter untuk Spooring ( gambar: himawanputra)

Di Indonesia distributor tunggal produk dan teknologi Hunter adalah PT Himawan Putra. Kalian bisa melakukan pengecekan spooring dan balancing ini dengan mengunjungi bengkel partner Himawan Putra yang bisa Kalian cek di laman berikut. Di Jawa Timur, misalnya, ada banyak bengkel mobil dan modifikasi mobil partner Himawan Putra di Surabaya dan di Malang.

Kalian bisa mencari bengkel menggunakan teknologi Hunter di sini

Bengkel motor di Malang dengan teknologi Hunter

3. Buat Daftar Barang, Jangan Lupa Buah dan Air Minum
Aku sudah membuat daftar barang yang harus kubawa selama perjalanan mudik. Yang pertama adalah barang kebutuhan pribadi seperti baju, alat mandi, makanan, obat-obatan, dan surat-surat penting. Yang kedua adalah oleh-oleh buat keluarga di kampung halaman.

Oh ya  kami juga menyiapkan jeruk dan beberapa botol air putih untuk berjaga-jaga jika kami masih harus berkendara saat melewati jam berbuka. Jangan sampai kami dehidrasi.

Kaki juga menyiapkan wadah khusus buat jaga-jaga jika buang air kecil sulit ditahan sementara toilet dan rest area sulit ditemukan. Tentunya kami perlu membawa sesuatu yang higienis untuk membersihkan badan setelahnya.

4. Bawa Peta Mudik
Agar mudik nyaman kami perlu memiliki peta mudik baik berupa hardcopy maupun yang bisa diunduh secara digital. Informasi yang perlu diketahui saat mudik adalah lokasi tempat peristirahatan (rest area), bengkel, POM bensin, penginapan, jalan-jalan alternatif, dan juga tempat wisata yang menarik dan unik.

5. Tertawalah
Aku dan pasangan suka melakukan perjalanan. Malah terkadang kami menyukai momen perjalanan itu sendiri. Jika memang jalanan macet saat mudik, ya wajarlah. Bumbu perjalanan adalah tetap santai dan tertawalah.

Pengemudi dan kendaraan staminanya harus sama-sama oke

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 1, 2018.

4 Tanggapan to “Siapkan Lima Hal Ini Agar Mudik Nyaman dan Aman”

  1. memang kalau semuanya itu sudah dipersiapkan apalagi mobil yang di service, maka perjalanan mudik semoga selamat sampai tujuan ke kampung halaman

  2. setuju banget gan, hunter memang membuat mudik kita menjadi aman dan nyaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: