“A Quiet Place” Mirip Tapi Tak Sama dengan “Cloverfield”

Film Cloverfield yang dirilis tahun 2008 menghentak lewat kemunculan para monster yang tiba-tiba. Lupakan para pemeran manusianya, karena pada film pertamanya ini bintangnya malah sosok monster yang wujudnya beragam. Ketika menonton a Quiet Place, aku langsung teringat akan Cloverfield universe, apalagi sama-sama dirilis oleh Paramount Pictures. Meskipun mirip dua film ini tak sama.

Cerita kedua film ini sama-sama bertemakan tentang alien. Dalam Cloverfield pertama tidak dijelaskan asal mula kehadiran alien. Mereka seolah-olah muncul tiba-tiba. Pada sekuelnya, terdapat sosok gadis muda yang mendapat bantuan tinggal di sebuah bunker. Ia tidak tahu akan kondisi di luar. Ketika ia memutuskan keluar dari persembunyiannya, ia mendapati jika sekelilingnya terdapat berbagai monster yang ganas.

Sementara itu dalam a Quiet Place, penonton lebih digiring dalam suasana yang mencekam dan hening. Ada sebuah keluarga yang bertahan hidup. Mereka harus menjauhi dari keributan karena predator itu hadir lewat sensor suara. Mereka adalah pasangan Evelyn dan Lee Abbott dengan tiga anaknya, Regan, Beau, dan Marcus.

Alien tersebut sangat peka terhadap suara manusia dan bebunyian. Sehingga mereka pun bercakap-cakap dengan bahasa isyarat dan menjauhi berada di luar rumah pada saat matahari terbenam.

Suatu ketika terjadi musibah. Salah satu anak mereka, Beau, tewas ketika memasukkan baterai dalam sebuah mainan. Pesawat mainan itu berbunyi nyaring. Si ayah tak berhasil menjauhkan anaknya dari serangan alien. Sejak itu mereka semakin was-was akan monster tersebut. Sedangkan si anak sulung, Regan, yang memberikan mainan tersebut merasa bersalah. Ia menarik diri.

Monster itu tetap hadir di sekeliling mereka. Ketika si ayah pergi bersama putranya dan si ibu hendak melahirkan, bahaya itu pun mengintai. Apakah mereka mampu bertahan?

Film jenis thriller ini pandai menggiring suasana. Penonton seolah-olah diajak merasakan suasana hening dalam film tersebut dan meresapi ketakutan dan rasa was-was keluarga tersebut ketika bebunyian sekecil apapun terdengar. Bahkan ketika menonton, aku jadi ikut-ikutan untuk diam dan tak banyak bersuara.

Suasana hening dan sepi hanya bebunyian alamiah. Namun hal ini tak membuat film terasa membosankan. Penonton tetap dibuat penasaran dan peduli apa yang akan terjadi pada mereka.

Akting Emily Blunt dan suaminya, John Krasinki, sebagai suami istri seperti dalam realitanya. Mereka nampak kompak dan chemistry mereka terlihat. Sebagai anak sulung yang merasa bersalah, Millicent Simmonds, juga mampu menunjukkan perasaannya tanpa berlebihan.

Tidak banyak informasi tentang sosok para monster dalam film ini. Siapakah sebenarnya mereka dan kenapa sulit dibasmi oleh pihak militer? Mungkin latar belakang mereka bakal banyak dijelaskan dalam sekuelnya yang kemungkinan bakal dirilis tahun 2020.

Oh ya pihak Paramount Pictures sepertinya tidak ingin memasukkan film ini ke dalam Cloverfield universe meskipun mirip-mirip. Tapi siapa tahu ke depan mereka berubah pikiran.

Detail Film:
Judul: a Quiet Place
Sutradara : John Krasinki, Michael Bay
Pemeran : John Krasinki, Emily Blunt, Noah Jupe, Millicent Simmonds
Genre : alien, fiksi sains, thriller, horor
Rating : 7,5/10
Gambar : Paramount Pictures

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 24, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: