“Isle of Dogs”, Kisah Trenyuh Para Anjing yang Dibuang

Film-film karya Wes Anderson membuat ketagihan karena unik dengan gaya bercerita yang eksentrik. Setelah film Fantastic Mr. Fox, kemudian Moonrise Kingdom dan The Grand Budapest Hotel, film terbarunya juga tak kalah membuat penasaran. Isle of Dogs, judulnya.

Menebak dari judulnya film ini tentang anjing-anjing yang berada di sebuah pulau atau pulau yang isinya anjing-anjing. Hehehe agak beda sih maknanya ketika dibalik. Ketika melihat dari trailer-nya aku langsung suka. Ceritanya bikin emosi campur aduk, antara haru juga kocak.

Kisah diawali dengan perseteruan dinasti Kobayashi dengan para anjing. Ia membenci anjing dan berupaya memusnahkan para anjing. Ketika dinasti itu kalah maka anjing menikmati masa damai, sebagian menjadi hewan peliharaan tapi banyak pula yang memilih menjadi anjing liar.

Hingga suatu ketika muncul walikota yang berasal dari dinasti Kobayashi, Kenji Kobayashi. Sama seperti pendahulunya ia juga tak suka anjing. Apalagi di kota sedang ada wabah flu anjing. Ia pun mengompori warganya untuk membuang anjing-anjing peliharaan mereka agar penyakit itu tak menulari mereka.

Ia kemudian membuang anjing penjaganya bernama Spots ke pulau sampah yang kelak menjadi tempat pembuangan anjing. Tempat itu kemudian menjadi penuh oleh anjing buangan. Sebagian tak lama hidup karena penyakit dan persaingan dalam mempertahankan hidup. Yang masih hidup pun harus melakukan apa saja karena air di pulau itu tercemar dan makanan hanyalah makanan sampah yang sebenarnya tak layak disantap bahkan oleh anjing pun.

Anjing bernama Spots itu ternyata dibuang tanpa diketahui oleh pemiliknya, Atari Kobayashi, anak berusia 12 tahun yang sangat sayang pada anjing penjaganya. Saat sakit, anjing itu menemaninya. Ia kecewa dan sedih pamannya membuangnya. Ia lalu menuju pulau sampah dengan menerbangkan pesawat curian.

Di sana ia ditemui oleh sekawanan anjing dipimpin Chief yang penasaran apa yang dilakukan manusia itu. Melihat ia salah satu manusia yang peduli dengan anjing, anjing-anjing itu kemudian membantunya menemukan Spots. Tapi anjing itu dibuang dalam kandang logam berkunci, apakah ia bisa bertahan hidup selama enam bulan hanya ada di kandang tanpa makan dan minum?

Hiks sepanjang film aku merasa sedih juga kuatir. Kasihan para anjing itu. Mereka tak salah hingga kemudian dibuang ke sebuah tempat yang tak layak dengan makanan minuman yang juga sebenarnya membahayakan tubuh mereka.

Para anjing ini meskipun sudah dibuang oleh tuannya tetap sebagian masih menunjukkan kebaikannya. Chief yang lebih banyak hidup di jalanan menaruh curiga pada Atari. Namun Duke dkk yakin Atari tuan yang baik karena rela jauh-jauh datang hanya untuk mencari anjingnya. Selain Duke dan Chief, ada tokoh anjing lainnya yang tak kalah menarik seperti Nutmeg, anjing ras yang cantik, dan kumpulan anjing pribumi yang dikira kanibal. Juga ada anjing yang gemar menonton teve.

Di dunia manusia rupanya juga ada konspirasi di balik pemusnahan anjing. Kelompok pro Atari juga ada yang bekerja secara diam-diam.

Aku menikmati cerita ini. Gambarnya bagus dengan stop motion animation dan gaya berceritanya unik. Ada babak seperti sandiwara dan khas banget dengan gaya eksentrik Wes.

Sayangnya sosok kucing di sini digambarkan buruk karena di sini tokohnya adalah anjing-anjing. Oh ya pengisi suaranya rata-rata aktor dan aktris kenalan Wes Anderson yang sering terlibat dalam film-filmnya, seperti Bill Murray, Kara Hayward, Tilda Swinton, Scarlet Johansson, Jeff Goldblum, Edward Norton. Pengisi suara dari Jepang juga dilibatkan untuk mengisi suara Atari, tim peneliti, dan pamannya.

Oh ya ada nama tokoh bernama Yoko Ono. Hehehe jadi ingat istri pentolan The Beatles. Rupanya pengisi suaranya juga Yoko Ono. Nama Atari juga mengingatkanku pada video games lawas.

Detail Film:
Judul : Isle of Dogs
Sutradea : Wes Anderson
Pengisi Suara:Bill Murray, Kara Hayward, Tilda Swinton, Scarlet Johansson, Jeff Goldblum, Edward Norton, Koyu Rankin, Kunichi Nomura, Yoko Ono, Ken Watanabe
Genre : animasi, petualangan, komedi
Produksi: Indian Paintbrush; American Empirical Pictures, Studio Babelsberg
Distributor: Fox Searchlight Pictures,
2018
Skor : 9/10
Gambar dari iMDB

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 15, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: