Pembukaan Asian Para Games 2018 Juga Meriah

Asian Para Games 2018 telah resmi berlangsung hingga seminggu ke depan (13/10). Pembukaannya tadi malam (6/10) berlangsung meriah dengan pertunjukan tari, defile, aksi kembang api dan sebagainya. Bagian mana yang jadi favoritmu?

Diselenggarakan sejak pukul 19.00, pesta pembukaan ini dihadiri sekitar 24 ribu penonton. Para penonton juga di antaranya penyandang disabilitas. Mereka telah memenuhi stadion GBK sejak sore hari.

Aku tidak begitu hafal urutan pertunjukannya. Oleh karena beberapa hari sebelumnya Indonesia merayakan hari kesaktian Pancasila maka dalam acara ini tergambar unsur-unsur tersebut. Ada rangkaian tarian dengan parade rumah ibadah dan kostum yang menunjukkan keragaman  agama dan budaya. Tarian daerah yang tak kalah menarik adalah tarian kecak yang indah juga ada boneka komodo raksasa.

Tarian kontemporer yang tak kalah indahnya ketika seorang penari pria berkursi roda menari diiringi ‘Bubuy Bulan’. Lagu daerah Aceh ini begitu terasa magis dan megah. Indah. Perasaan ini sama seperti kurasakan ketika melihat lagu ini dibawakan Melly Mono dalam pencarian bakat di .NET. Tarian yang dibawakan dengan unsur balet dengan penari perempuan dan pria ini begitu memukau.

Pembukaan juga diisi acara formal seperti pengibaran bendera Merah Putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan mars, janji atlet, dan pidato pembukaan. Oh ya ada defile para atlet disabilitas dengan iringan lagu-lagu populer dari negeri mereka seperti lagu pop Korea dan Jaiho. Momo, si maskot, berupa elang bondol pun ikut serta.

Setelah aksi memanah yang dilakukan Bulan Karunia dan Presiden Jokowi, aksi breakdance oleh penari berdisabilitas mengundang decak kagum, juga ada permainan piano sambil menyanyikan lagu ‘Heal The World’ oleh Zizi. Oh ya hasil akhir aksi memanah ini membuat kata ‘disability’ menjadi ‘ability’.

Aksi menyalakan obor oleh Jendi Pangabean dengan ilustrasi wayang raksasa Gatotkaca yang seolah-olah bergerak memerhatikan juga menakjubkan. Magis. Acara kemudian dimeriahkan dengan pesta kembang api dan lagu official Asian Para Games 2018, yakni ‘Song of Victory’ yang dibawakan Armand Maulana, Once, Vidi Aldiano dkk serta diiringi begitu banyak penari dengan beragam kostum.

Oh ya Asian Para Games 2018 memertandingkan 18 cabang olah raga. Indonesia memiliki target berada di posisi ke-7 dengan perolehan 16 medali emas. Moga-moga target tersebut terlampaui seperti pada Asian Games 2018. Asian Para Games ini diikuti 42 negara, termasuk Korea Utara yang pada saat defile, atletnya bergabung dengan Korea Selatan. Ada dua cabang olah raga yang mereka ikuti dengan membentuk satu tim, cabang olah raga lainnya mereka ikuti secara terpisah.

Jika ingin menonton pertandingan, bisa cek jadwalnya di situs resmi Asian Para Games. Ada pertandingan yang tak dipungut biaya untuk menontonnya. Kalau aku, ingin menonton cabang olah raga bola tangan yang diselenggarakan di Popki Cibubur. Setidaknya aku ingin menonton pertandingan minimal sekali untuk merasakan momen yang sangat langka ini.

 

Gambar dari Bola, Pantau, Liputan6 dan Vidio

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 7, 2018.

4 Tanggapan to “Pembukaan Asian Para Games 2018 Juga Meriah”

  1. Nggak kalah seru dengan Asian Games ya

  2. Iya rame jg opening td mlm ya, mski sy gak nonton smua, krn gregetnya ttp beda dg Asian Games, jd serasa bru tahu td mlm sj pmbukannya.

    Smg Indonesia bs mencapai targetnya dlm Asian Para Games kli ini.
    Sy jd pnsaran dg aksi para pnyandang disabilitas saat brtanding, blm prnah lihat soalnya.

    • Bisa nonton streaming pertandingannya. Kalau aku nanti berupaya nonton minimal sekali. Ingin tahu suasananya nonton secara langsung. Waktu di Solo aku sempat menonton latihan para atlet boccia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: