Tentang Guns N’ Roses

“Nggak nonton Guns N’ Roses semalam?” tanya salah seorang kawan kantorku. Aku menggelengkan kepala tapi tak menyebutkan alasannya. Lagu-lagu Guns N’ Roses dulu sering kuperdengarkan waktu SD dan SMP. Ada banyak lagunya yang telah dan masih kudengar hingga sekarang. Kalau Kalian suka lagu Guns N’ Roses yang mana saja?

Aku mendengar kali pertama lagu Guns N’ Roses berjudul Since I Don’t Have You. Tembang ini dirilis sekitar tahun 1994. Lagu ini memiliki intro gitar yang asyik disusul dengan permainan keyboard dan drum. Baru kemudian suara Axl Rose menyusul. Lagunya tak terlalu cadas dan lebih bernuansa melankolis.

Lagu yang masuk dalam album keempat Guns N’ Roses bertajuk The Spaghetti Incident (1993) ini rupanya lagu cover dari band bernama The Skyliners tahun 1958. Lagu ini juga pernah dinyanyikan ulang oleh penyanyi bernama Don McLean dan Ronnie Milsap masing-masing pada tahun 1981 dan 1991. Semua lagu-lagu ini sukses besar.

Aku baru mendengar dua versi, versi Axl Rose dan originalnya, The Skyliners. Lagunya memiliki irama yang sama hanya nuansa dan musiknya berbeda. Nuansa tahun 1950-an terasa kental pada lagu originalnya. The Skyliners membawakan lagu ini berdua, antara vokalis utama, Jimmy Beaumont dan Janet Vogel. Sedangkan versi Axl terasa lebih modern dan ngerock berkat permainan gitar Slash.

Lagu “Since I Dont Have You” bercerita tentang kesedihan dan kehilangan. Hidup seseorang berubah karena seseorang yang dikasihinya tidak dimilikinya lagi. Bisa jadi pasangannya meninggalkan untuk orang lain atau pergi ke alam yang lain.

I don’t have plans and schemes
And I don’t have hopes and dreams
I-I-I don’t have anything
Since I don’t have you

I don’t have fond desires
And I don’t have happy hours
I-I-I don’t have anything
Since I don’t have you

I don’t have happiness and I guess
I never will again
When you walked out on me
In walked old misery
And he’s been here since then

I don’t have love to share
And I don’t have one who cares
I-I-I don’t have anything
Since I don’t have

You, you, you, you

Since I Don’t Have You ini tembang Guns N’ Roses yang kali pertama kukenal dan kusuka. Dulu sepupuku gandrung banget pada band ini dan dia mengoleksi album-albumnya. Aku pun meminjam album bergambar spaghetti dan punya lagu lainnya yang kusuka, Hair of The Dog. Ada 13 lagu dalam album Spaghetti ini dan rupanya semuanya adalah tembang cover dari tembang berbagai band dan musisi beken.

Hair of The Dog kusuka karena tempo lagunya yang cepat. Lirik lagunya agak vulgar. Inti lagu ini adalah tentang perempuan cantik yang mudah menggaet siapapun dan meminta melakukan apa saja untuknya. Hingga suatu saat si penyanyi bertemu dengan perempuan cantik tersebut, keduanya punya karakter yang sama.

Lagu ini jika dibandingkan versi originalnya dari Nazareth sebenarnya beda tipis. Hanya tempo lagu ala Guns N’ Roses lebih cepat dan terkesan lebih bertenaga.

Dua lagu lainnya yang aku sering tertukar judulnya, dan feel-nya agak berasa mirip adalah Don’t Cry dan November Rain. Dua lagu ini sering banget diputar di radio hingga saat ini.

Piano dalam intro November Rain itu memperkental nuansa suram dan muram lagu November Rain. Lagu kelabu ini cocok dengan November yang merupakan musim hujan dan musim dingin. November Rain ada dalam album kembar Use Your Ilussion. Aku suka permainan gitar di akhir lagu ini.

Do you need some time on your own
Do you need some time all alone
Everybody needs some time
On their own
Don’t you know you need some time all alone

Tembang Don’t Cry juga ada dalam album kembar Use Your Ilussion. Lagunya juga muram dan lebih ke balada. Lagu ini punya banyak intepretasi lirik.

Don’t you cry tonight
I still love you, baby
Don’t you cry tonight
Don’t you cry tonight
There’s a heaven above you baby
And don’t you cry tonight

Lagu-lagu Guns N’ Roses yang populer yakni Sweet Child o’ Mine. Lagu ini pernah menduduki peringkat pertama Billboard Hot 100 dan album pertama ini menjadi album terlaris Guns N’ Roses dengan penjualan 30 juta keping. Lagu ini kemudian juga sukses di-cover oleh Sheryl Crow. Lagu dalam album pertama yang juga seru yakni Welcome To The Jungle yang juga rancak.

Lagu lainnya yang masih sering kudengar yakni Patience dan Knockin’ on Heaven’s Door. Dua lagu ini juga lebih ke balada. Lagu Knockin’ on a Heaven Door rupanya lagu milik Bob Dylan yang dibawakan ulang.

Oh ya warna vokal Axl Rose sering dibandingkan dengan band cadas asal Australia AC/DC. Kalau didengarkan, dua tembang beken mereka, Thunderstruck dan Highway to Hell mirip dengan tembang-tembang Guns N’ Roses, dengan band AC/DC hadir lebih dulu, yakni dibentuk tahun 1973. Vokal Brian Johnson juga mirip dengan Axl Rose. Mungkin karena kemiripan vokal inilah yang membuat Axl Rose sempat menjadi vokalis AC/DC karena Brian sedang rehat.

Sekilas tentang Guns N’ Roses, band ini dibentuk tahun 1985. Formasi awal band ini yakni Axl Rose (vocal), Slash (lead guitar), Izzy Stradlin (rhytim guitar), Duff McKagan (bass), dan Steven Adler (drummer). Saat ini hanya tiga personel lawas yang masih bergabung di band ini, Slash, Duff McKagan, dan Axl Rose, lainnya diganti personel anyar seperti Frank Ferrer, Richard Fortus, Dizzy Reed dan Melissa Reese. Oh ya Slash dan Axl Rose pernah bersiteru sehingga Slash sempat meninggalkan band yang membesarkan namanya ini. Mereka bertiga bereuni lagi sejak tahun 2016 dimulai dengan rangkaian konser “Not in This Lifetime Tour”.

Hingga kini Guns N’ Roses telah merilis lima album, yakni Appetite for Destruction (1987), GN’R Lies (1988), Use Your Ilussion I dan II (1991), The Spaghetti Incident (1993), dan Chinese Democrazy (2008). Guns N’ Roses juga pernah merilis tembang soundtrack, Oh My Good, untuk film End of Days.

Berikut lagu-lagu favorit dari Guns N’ Roses:
1. Hair of The Dog
2. Since I Don’t Have You
3. Don’t Cry
4. November Rain
5. Sweet Child of Mine
6. Welcome to The Jungle
7. Patience
8. Knockin’ on Heaven’s Door

Gambar dari website Guns N’ Roses

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 9, 2018.

6 Tanggapan to “Tentang Guns N’ Roses”

  1. Kayaknya Mbak penggemar Guns N’ Roses ya.

    Saya pling suka yg November Rain aj..

  2. Banyak yang kecewa karena suara axl udah gak prima lagi lho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: