Hewan Sekitarmu Juga Punya Cerita Petualangan

Coba lihat kucingmu, apakah ekornya nampak bergerak-gerak dengan penuh semangat ketika memasuki rumahmu? Siapa tahu ia punya cerita petualangan yang seru. Kisah-kisah seru para kucing, kelinci dan hewan-hewan lainnya terangkum salah satunya dalam buku “Kumpulan Dongeng Binatang” karya Anne-Marie Dalmais.

Aku suka binatang meski ada beberapa hewan tertentu yang kujauhi. Dulu aku sempat ingin menimba ilmu kehutanan dan hidup berdampingan dengan para hewan. Aku menyayangi kucing, dulu juga pernah punya kelinci, kura-kura mungil, ikan-ikan lucu, dan burung nuri. Ketika mereka berpulang ke alam baka, aku merasa kehilangan.

Cerita-cerita fabel aku menyukainya. Dalam dunia anganku, manusia hidup rukun berdampingan dengan hewan seperti dalam Dinotopia. Cerita fabel ini salah satu favoritku dan masih kusimpan dalam rak bukuku.

Dulu aku punya buku Kumpulan Dongeng Binatang  jilid 1 dan 2. Entah kemana yang pertama, di rakku hanya ada yang nomor dua.

Buku ini diterbitkan tahun 1971 dan masuk ke Indonesia pada tahun 1982. Yang kupunya edisi keempat yang dirilis tahun 1999. Aku sendiri menemukannya di toko buku bekas di Jakarta, tapi persisnya aku lupa, apakah di kawasan Senen atau di sekitaran Kuningan. Tak terasa sudah belasan tahun buku ini menjadi kawanku.

Ada puluhan cerita dalam buku bergambar ini. Tokohnya banyak dari berbagai hewan seperti kelinci, kucing, jerapah, lalat, ayam, kaki seribu, paus, bunglon, dan masih banyak lagi. Kalian mau tahukah beberapa cerita mereka?

Adalah Mia, seekor anak kucing yang suka menunda. Ibunya terus mengingatkan anaknya untuk segera berbelanja buku sekolah. Mia terus menundanya hingga hari terakhir liburan. Ketika ia sampai di toko buku ia terkejut, antriannya cukup panjang. Mereka sama seperti Mia, suka menunda. Tapi Mia tak kapok, ia memilih untuk pulang dan kembali lagi siang hari. Eh ternyata antriannya bukannya malah memendek, sebaliknya, dua kali panjangnya. Wooow itulah akibat suka menunda dan Mia pun menyesal.

Lain dengan cerita si zebra. Ia kuda yang tak kenal takut. Ia berani berpapasan dengan singa, harimau, gajah, boa, dan buaya. Tapi ada satu yang ditakutinya. Ia takut hujan deras dengan guntur dan kilat. Ia takut disambar petir.

Jika hujan deras tiba ia akan meringkuk di gudang. Badannya gemetaran dari kaki sampai kepala. Wah kalau begitu ia sebenarnya penakut atau pemberani ya?

Buku ini juga memuat kisah persahabatan. Ada dua tikus, hitam dan putih yang ingin bermain seluncuran. Tapi mereka tak punya uang ke taman bermain. Dengan malu-malu mereka bertanya ke Pak Gajah. Bolehkah kami bermain seluncuran di atas gadingnya? Ternyata boleh. Keduanya asyik berseluncuran duapuluh kali. Asyikkkk.

Eh ada lagi kisah si Toni Kelinci yang gemar mengobrol. Karena kegemarannya ini ia dijuluki si perepet. Toni ini mau melakukan apa saja asal bisa mengobrol. Ia mengambil tangga agar bisa mengobrol dengan jerapah. Lalu ia mengenakan pakaian selam dan bercakap dengan ikan-ikan menggunakan bahasa isyarat. Eh tak puas mengobrol, ia masuk ke lubang tikus dengan helm pekerja tambang dan mengobrol dengan Bu Tikus Ladang.

Dasar Toni ia selalu punya kabar dan ingin dibaginya. Ia setiap hari menelpon keponakannya yang tinggal di hutan berbeda. Saat di rumah ia juga suka ngomong sendiri. Wah wah wah kapan dia berhenti bicara ya. Jangan-jangan saat tidur ia juga mengigau.

Aku suka banget buku dongeng ini. Ceritanya ringan dan sebagian membuat tertawa. Buku ini juga kaya pesan moral sehingga juga cocok dibaca adikmu, putra-putrimu dan keponakanmu. Gambar ilustrasinya indah.

Aku jadi ingat berteman dengan Toni Kelinci. Siapa tahu ia mengajarkanku berbicara isyarat dengan para binatang.

Detail Buku:
Judul: Kumpulan Dongeng Binatang 2
Penulis: Anne-Marie Dalmais
Ilustrator: Benvenuti
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 1999
Skor: 8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 19, 2018.

2 Tanggapan to “Hewan Sekitarmu Juga Punya Cerita Petualangan”

  1. Gambarnya bagus2 ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: