Apa Tempat Makan Kegemaranmu?

Kamu paling suka makan dimana nih? Wah ini pertanyaan susah. Walaupun dulu aku doyan mengulas tempat makan, tapi aslinya aku tipe yang suka masak sendiri. Jarang banget saat ini aku makan di luar. Ah kalau hanya lima sih aku masih bisa menyebutkan.

Aku paling suka menyantap martabak manis, pukis susu, rujak cingur, ronde, dan tahu campur. Makanan-makanan ini mudah kujumpai di Malang dan tidak terpatok ke satu tempat makan tertentu. Kalau di Jakarta, aku suka menyantap ketoprak, selendang mayang, dan burger.

Kalau hanya lima, aku bisa memberitahumu tempat makan yang sedap. Ada Martabak Manis Kalisari, Blenger Burger, Roti Unyil Venus, Bebek Ireng di kawasan Cijantung, dan Ketoprak Kalisari. Hehehe nggak jauh-jauh dari sekitaran tempat tinggal saat ini.

Martabak manis ini di Malang disebut kue terang bulan. Jenis makanan ini sangat populer di Malang. Dulu yang beken bermerk Holland (ssst beda dengan merk roti). Kemudian muncul tiruannya dengan nama yang mirip.

Waktu SMP aku pernah diajarkan membuat kue ini. Bahannya dengan santan sehingga rasanya agak berbeda. Lebih enak dengan susu. Isiannya standar yakni kacang dan misis.

Di Bogor juga ada martabak manis yang oke. Namanya martabak air mancur. Isiannya beragam. Ada rasa jagung keju juga dan ini enak banget. Sayangnya harganya mahal. Di Depok yang beken namanya martabak pizza Orins. Ada varian martabak daging dan juga martabak dengan isian beragam. Harganya ini juga mahal untuk ukuranku.

Yang harganya pas-pasan dan rasanya sedap itu martabak manis dekat kelurahan Kalisari. Harganya mulai Rp 24 ribu dan rasanya sedap. Ada rasa pisang, kismis, keju, misis kacang, kombinasi, juga yang kulitnya menggunakan tepung hitam dan tepung pandan.

Favoritku kombinasi, separuh keju kismis dan separuh misis cokelat kacang. Enak enak enak. Harganya dulu Rp 24 ribu sekarang naik menjadi Rp 28 ribu. Nikmat banget. Aku bisa lho menghabiskannya sendiri…selama dua hari hehehe.

Makanan selanjutnya yang sedap adalah ketoprak. Makanan ketoprak ini kukenal ketika aku mulai bekerja di Jakarta Pusat. Waktu itu ada penjual ketoprak yang laris dan murmer. Harganya Rp 6 ribu seporsinya. Jadilah aku pelanggannya. Setelah tidak bekerja di sana, aku menemukan penggantinya, yaitu penjual ketoprak di Kalisari, juga tak jauh dari kelurahan. Di sekitar kelurahan memang banyak tempat makan, apalagi malam hari.

Penjual ketoprak ini sudah pernah aku tulis. Laris banget. Bumbunya banyak dan kental. Rasa kacangnya begitu terasa. Di dalamnya ada isian bihun, tahu, dan tauge, plus kerupuk warna-warni. Ketoprak ini bisa diberi tambahan telur rebus atau telur dadar. Harganya mulai dari Rp 12 ribu.

Karena laris banget maka kami harus sabar dan siap mengantri. Melihat animo masyarakat ehem warung ketoprak ini buka 24 jam. Gokil kan?! Penjualnya shift-shiftan dan omzetnya menggiurkan (ulasan lengkap di sana dan di sini).

Masih di kawasan Kalisari dan Cijantung, ada bebek ireng yang pedas dan gurih. Lokasinya di dekat Alfamart, di seberang penjual Tutut. Hehehe aku bingung memberitahunya, tapi penjual tutut setahuku hanya ada satu di jalan H. Hasan.

Bebek ireng itu beken dari Surabaya, aslinya dari Madura, sehingga juga disebut bebek Madura. Dulu waktu masih ngekos di Surabaya biasanya ada penjaja makanan bebek ireng dengan gerobak keliling.

Yang bikin bebek itu sedap adalah bumbu dan kuahnya. Kental kehitaman dengan rasa pedas dan gurih. Enak banget. Makan satu piring tak berasa, inginnya nambah hingga perut pun membuncit. Enak enak enak …

Dua lainnya untunglah tidak berada di Cijantung. Roti Unyil Venus sudah kusukai sejak kali pertama mengenalnya, sekitar tahun 2000-an awal. Kakakku bila pulang kampung suka membawakan roti mini ini. Ada cabangnya di Jakarta, yaitu di sekitaran Mampang, Jakarta Selatan. Aslinya kue ini pusatnya di dekat terminal Bogor.

Roti mungil ini sedap dan tidak bikin bosan menyantapnya. Makan satu buah tidaklah cukup. Favoritku roti isi sosis, isi jagung susu, isi pisang cokelat, pisang keju, dan masih banyak lagi. Dulu per buahnya Rp 800, kini sekitar Rp 1500 per buahnya. Tapi entah sekarang berapa harganya, karena aku sudah setahunan ini belum pernah membelinya lagi. Bogor macet banget sih.

Nah yang terakhir adalah makanan modern, Blenger Burger. Burger ini paling enak. Dagingnya tebal berbumbu. Selain burger, hotdognya juga nikmat banget. Sosisnya besar dan saus mustardnya tak pelit. Kejunya juga makin bikin gurih. Harganya berkisar Rp 23 ribu. Kini sudah ada beberapa outlet di kawasan Jakarta Selatan.

Gambar cover pixabay, gambar lainnya dokpri, ada yang sudah pernah diunggah ke openrice

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 26, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: