Ketika Merasa Hidup Tak Lagi Sehat

Akhir-akhir ini aku sering begadang mengerjakan tugas. Menulis di Kompasiana pun aku makin jarang, apalagi ke dua blog lainnya. Dua anak blogku pun terlantar. Aku jadi suka mengemil dan minum kopi agar mata tetap segar. Tak lama celanaku terasa sesak. Walah.

Aku mengakui akhir-akhir ini gaya hidupku tak sehat. Oleh karenanya ehem kok gaya bahasaku jadi formalšŸ¤£, aku merasa kikuk membaca tema hari ini. Hari ini tema dari 30 Days Blog Challenge adalah membagi lima tips gaya hidup sehatmu. Wah aku sedang tak hidup sehat belakangan ini dan sedang berupaya mengubah kebiasaanku yang buruk. Meski yaaah ternyata kalau kebiasaan jelek sudah akut maka susah sekali diluruskan.

Aku tetap mengambil tema ini dan tidak menggunakan tema ‘wildcard’. Oke topiknya jadi berganti lima hal jelek yang sedang berupaya kuubah agar hidup lebih sehat. Tentunya Kawan-kawan boleh memberi saran agar aku bisa hidup lebih sehat.

Yang pertama dan kuakui sangat tidak bagus yakni kebiasaan begadang. Belakangan ini aku sering tidur paling cepat pukul 12 malam, kadang-kadang malah lebih. Bangunnya tetap pagi sih. Tapi kadang-kadang dilanjut tidur sebentar apabila tidak ada jadwal rapat pagi atau ke kantor klien. Sebenarnya tidur lagi setelah Subuh itu tidak baik, badan jadi terasa kurang segar. Tapi kadang-kadang mending seperti itu daripada tidur hanya 4-5 jam.

Aku beberapa kali memaksakan diri tidur hanya beberapa jam dan yang terjadi badan pun terasa seperti masuk angin. Badan jadi tidak nyaman, mual dan seharian jadi tidak enak. Kadang-kadang karena sering kurang tidur akhir pekan pun jadi pelampiasan. Benar-benar tidak sehat.

Aku ingin berubah. Ingin tidur lebih awal sehingga tidurku cukup dan bangun terasa segar. Begitu juga saat akhir pekan, aku juga ingin tidak lanjut tidur lagi dan terus beraktivitas dari pagi.

Yang kedua tentang minum dan mengemil yang manis-manis. Makanku normal 2-3 kali sehari, tapi badan terasa bertambah. Kalau kupikir-pikir ini gara-gara akhir-akhir ini aku suka mengonsumsi minuman yang manis dan ngemil agar tetap berenergi. Kopi dan teh masih suka kutambahkan gula meski tidak banyak. Kayaknya aku perlu menguranginya dengan lebih banyak mengonsumsi air.

Lebih banyak makan buah ini salah satu niatku. Bahkan ada rencana mengganti makan malam dengan menyantap buah-buahan. Pasangan suka pulang malam, kadang-kadang di atas jam makan malam. Ia kadang-kadang membawa makanan yang menggoda dan sulit kutampik. Bisa jadi ini yang membuatku berat badanku cepat bertambah, makan terlalu malam. Aku bisa menggantinya jadi makanan sarapan dan jika masih lapar bisa diganti menyantap buah dan air putih.

Makan oatmeal buat sarapan juga jadi niatku. Aku sudah punya oatmeal sebungkus besar tapi jarang kumasak jadi sarapan. Kemarin aku memulainya lagi. Memang sih jadi terasa cepat kenyang.

Yang terakhir yaitu berolah raga. Dulu aku cukup rutin menggunakan aplikasi 7 minutes. Tapi kemudian mulai malas. Sudah beberapa hari ini aku memulainya lagi tapi latihannya kumodifikasi agar tidak bosan. Latihan favoritku yaitu lari, loncat tepuk, dan sit up.

Oh ya kemarin aku berolah raga dengan mengikuti gerakan hip hop untuk pemula. Hehehe lumayan bikin keringat. Gerakannya nampak sederhana tapi ternyata ketika dicoba tidaklah semudah itu.

Mengubah kebiasaan buruk itu susah. Benar-benar perlu tekat kuat deh. Aku perlu nih menempel gambar tubuhku yang sedang ideal agar termovitasi untuk rajin berolah raga dan tidak makan terlalu malam.

Gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 1, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: