Lebih Kenal Tentang Produksi Film

Saat ini dengan makin terjangkaunya harga kamera dan wadah yang menampung film-film pendek maka antuasias masyarakat untuk belajar membuat film sangatlah besar. Membuat sebuah film rupanya memerlukan sebuah tim yang solid dan perencanaan yang detail. Nah di satu kursus ini Kalian bisa mendapatkan ilmu tersebut.

Ilmu yang bermanfaat dan keren ini kuperoleh di LinkedIn Learning berjudul “Learning Cinematography: 1 Narrative Fundamentals”. Ilmu ini disampaikan oleh Bill Dill, sinematografer dan profesor di seni film dan media.

Kursus dengan video ini menarik karena disampaikan dengan contoh-contoh pengambilan gambar dan adegan dalam film. Alhasil kita seolah-olah diajak langsung praktik belajar film.

Ada banyak ilmu yang kuperoleh selama dua jam 44 menit ini. Hal-hal yang mendasar tentang film seperti siapa saja di balik layar, cara memindahkan novel ataupun skenario dalam bahasa gambar dan sebagainya.

Dalam kursus ini disampaikan penjelasan tentang tugas-tugas seperti asisten sutradara, apa peran produser, kemudian bagian sinematografer, juga bagian pencahayaan, bagian seni, tim survei dan riset, serta bagian umum seperti penyedia konsumsi dan sebagainya. Sebagai sutradara seluruh anggota tim tersebut patut dihargai. Oleh karena tiap peran mereka memberikan kontribusi ke sebuah film.

Asisten sutradara, misalnya. Ia bertugas memberitahukan ke setiap pemeran dan krus tentang jadwal syuting dan teknis pelaksanaannya. Saat syuting setiap kru tidak boleh ada yang menyela jalannya  syuting sebelum sutradara berkata ‘cut’.

Selanjutnya  disebutkan perbedaan bahasa novel dan bahasa gambar. Tidak semua jalan cerita dan dialog dalam novel bisa diboyong ke dalam sebuah film berdurasi 2 jaman. Oleh karenanya sutradara dan tim harus pandai-pandai memilih cerita yang ingin disampaikan sesuai dengan visi sutradara.

Bahasa ini disampaikan dalam film lewat gambar. Gambar ini merupakan kombinasi dari akting pemain, suara, komposisi gambar, dan pencahayaan. Rupanya teknik pencahayaan dan komposisi gambar memberikan makna tersendiri sesuai dengan yang ingin disampaikan oleh sutradara. Apakah warnanya terang, redup, atau berwarna merah atau biru semuanya memiliki makna. Demikian pula dengan komposisi gambar dan bentuknya. Apakah ada banyak bentuk geometris dan sebagainya.

Kursus ini baru level dasar dan bagian pertama. Sesi berikutnya akan makin lebih dalam.

Gambar dari LinkedIn Learning

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 22, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: