Destinasi Wisata Unik di Hainan Dari Desa Bali Hingga Lokasi Syuting Film

Tak terasa sebentar lagi kita memasuki bulan Maret yang mulai hangat dan April yang banyak tanggal merahnya. Wah sudah ada panggilan alam nih buat berlibur. Omong-omong tentang destinasi wisata tiba-tiba terlintas untuk liburan ke Hainan. Ternyata Hainan punya panorama alam yang indah dan juga multikultural. Eh ada juga Desa Bali di sana.

Nama Hainan ini sering terdengar dalam rupa makanan. Nasi Ayam Hainan. Aku sendiri pernah menyantapnya tapi dengan cita rasa yang telah diolah sehingga lebih cocok dengan lidah Indonesia. Nasi ini terdiri atas nasi bersama ayam yang ayamnya dimasak dengan kaldu ayam sehingga menghasilkan rasa yang kuat.

Selain Nasi Hainan yang terkenal, Hainan juga memiliki sejumlah tempat pariwisata yang menarik.

Eh dimana sih Hainan berada?

Tak kenal maka tak sayang. Hainan masuk dalam Republik Rakyat China. Lokasi pulau ini berdekatan dengan negara Vietnam. Alhasil iklimnya tak jauh berbeda dengan negara Asia Tenggara, seperti Indonesia.

Kalau melihat foto-foto tentang Hainan, mereka memang tengah gencar membidik wisatawan mancanegara untuk mengunjungi alam mereka yang berpanorama indah juga kawasan yang memiliki nilai kultural. Salah satu yang bikin penasaran adalah Desa Bali. Ketika melihat fotonya kupikir desa tersebut juga berada di Bali karena sawahnya yang hijau, ada pertunjukan tariannya, juga pernak-pernik, bangunan, patung dan relief, yang benar-benar seperti berasa di Bali.

Bali juga ada di Hainan (sumber: DietworkoutFitness)

Sepertinya keberadaan Desa Bali ini ada kaitannya dengan cerita masa lalu tentang Presiden Soekarno yang salah satu kebijakannya pada tahun 1950-an membuat banyak keturunan Tionghoa di Indonesia terpaksa meninggalkan tanah air dan menuju ke berbagai daerah di China, salah satunya ke Hainan. Wah hal ini menarik untuk dicari tahu lebih dalam jika suatu ketika ke sana.

Patung Dewi Kwan Im raksasa yang megah (sumber: Detik)

Selain Desa Bali masih banyak tempat lainnya yang menarik di Hainan untuk dikunjungi. Aku sendiri suka takjub jika melibat patung yang besar. Nah di Nanshan Buddhist Culture Tourism Garden juga ada patung raksasa Dewi Kwan Im. Tingginya mencapai 108 meter. Wow.

Karena aku suka film maka rasanya tak lengkap jika tak berkunjung ke daerah yang sering menjadi lokasi syuting film. Namanya Movie Town Hakou. Di sini bisa disebut kota buatan dan studio film yang luas. Ada berbagai bangunan dan spot yang berbeda di tiap jalan sehingga memudahkan untuk proses syuting. Misalnya syuting bangunan lawas sekitar tahun 1940-an di 1942 street. Ada juga wilayah untuk latar Eropa suasana lawas dan sebagainya.

Studio film besar di Hainan (sumber:Sunny Hainan)

Selain wisata kultural, Hainan juga punya pantai-pantai yang menawan. Pantai Tianya Haijiao dikenal dengan pasirnya yang putih dengan latar laut biru. Ada juga Yalong Bay yang disebut-sebut Hawai-nya China.

Suvenir bambu (sumber:EdithTao)

Tak lengkap apabila berkunjung tanpa membawa oleh-oleh. Di Hainan produk suvenir yang populer yakni kerajinan bambu. Bambu ini diolah sedemikan rupa sehingga menjadi benda fungsional seperti handuk yang cepat untuk mengeringkan rambut, tisu, baju dalam dengan fungsi yang unik, sapu tangan, dan kaus kaki.

Saat ini Hainan banyak dijadikan tujuan pariwisata. Salah satu yang menyediakan paket tour ke Hainan adalah HIS Travel. Hainan ini menjadi andalan HIS selain paket tour China. Hainan Tour ini memiliki ragam paket bergantung durasi dan spot wisata yang ingin dituju.

Wah kapan ya ke sana? Hainan ramah turis dan memiliki berbagai spot yang menyajikan makanan halal sehingga aman kesana bagi perempuan. Yang penting berkhayal dulu ke sana, siapa tahu kesampaian ke sananya.

Ket gambar cover dari Detik-China Highlight-Sunny Hainan

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 28, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: