Seperti Apa Penerapan Kecerdasan Buatan Saat Ini?

Bagaimana pemanfaatan machine learning dan artificial intelligence saat ini? Wah jawabannya pasti teknologi ini makin berkembang dan makin banyak diaplikasikan. Apalagi hari ini diresmikan Artificial Intelligence Center di Gedung Baru Fasilkom UI bekerja sama dengan Tokopedia.

Aku tidak datang di acara peresmiannya. Aku hanya datang di acara seminar siang harinya yang juga membahas tentang kecerdasan buatan dan mesin pembelajar. Temanya adalah “Artificial Intelligence for Accelerating Indonesia: Actions and Impacts”

Para narasumbernya adalah perwakilan dari Tokopedia, NVIDIA, dan Fasilkom UI sendiri. Mereka adalah Dr. M. Ivan Fanany (Universitas Indonesia), Dr. Irvan Bastian Arief (Tokopedia), dan Dr. Ettikan Karuppiah (NVIDIA).

Ettikan mendapat kesempatan maju terlebih dahulu. Ia membahas tentang AI Supercomputer yang merupakan produk terbaru dari NVIDIA. Teknologi ini akan sangat membantu proses AI dengan lebih cepat dan cangkupan yang begitu besar. Teknologi ini cocok bagi perusahaan atau institusi yang memang memerlukan AI untuk operasional dan kegiatan strategisnya.

Sedangkan Irvan Bastian memaparkan tentang implementasi AI di Tokopedia. AI ini digunakan untuk operasional sehari-hari misalnya untuk chatbot. Para pengunjung Toped juga menggunakan AI untuk pencarian berdasarkan gambar produk.

Selain itu teknologi kecerdasan buatan ini membantu dalam hal mendeteksi fraud, menentukan metode logistik, dan untuk menjaring data konsumen dan transaksi.

Dosen Fasilkom UI membahas tentang implementasi AI dalam wujud big data dan deep learning. Kegunaannya banyak di antaranya untuk membantu di bidang pariwisata.

Ya kegunaan AI saat ini memang sangat besar. Perusahaan-perusahaan besar telah menggunakannya untuk profiling konsumen dan membantu operasionalnya seperti adanya robot membantu mengecat dan melakukan pekerjaan konstruksi dan sebagainya. Jika Kalian melihat adanya diskon bisa jadi itu merupakan ide dari mesin kecerdasan buatan ini melihat hari-hari yang sepi transaksi.

~ oleh dewipuspasari pada Maret 28, 2019.

2 Tanggapan to “Seperti Apa Penerapan Kecerdasan Buatan Saat Ini?”

  1. Jadi ingat hobi adik ipar saya akhir-akhir ini dengan memanfaatkan AI, yaitu membuat Google Assistant mengarasemen lagu dangdut secara dadakan wkwkkwkw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: