Mangrove pun Bisa Dibuat Buah Tangan

Mereka yang kreatif akan menemukan cara memanfaatkan potensi daerahnya. Oleh karena di Bontang ada banyak kawasan hutan mangrove, maka warga setempat pun kemudian mengolahnya menjadi sirup dan aneka rupa makanan. Wah seperti apa ya rasanya olahan mangrove?

Mangrovre adalah sebuah ekosistem air payau. Di dalam sebuah mangrove juga ada aneka tanaman dan juga berbagai binatang. Ada burung, ikan, serangga, dan sebagainya. Tanaman mangrove sendiri memiliki banyak manfaat bagi alam dan makhluk hidup tersebut selain mencegah abrasi air laut.

Ya aku tak tahu banyak akan buah mangrove. Rupanya buah mangrove (Sonneratia ovata) ini bisa diolah. Oleh masyarakat Bontang, buah mangrove diolah menjadi sirup, es jus, dodol, dan cokelat.

Aku mendapatinya di sebuah toko oleh-oleh di Bontang. Sebotol kecil sirup mangrove dijual Rp 25 ribu. Warna sirupnya merah kecokelatan dan lumayan kental. Untuk cokelat juga harganya sama. Kemasannya dari semacam bambu, tapi waktu itu aku tak membelinya. Baru ketika pulang aku agak menyesal.

Sirup mangrove yang kubeli itu dari UKM mitra binaan PT Badak LNG. Namanya adalah kelompok Daun Harum Bontang.

Rasa sirup mangrove itu unik. Menuruku rasanya seperti sale pisang yang dijemur secara tradisional. Aromanya sama seperti sale pisang, tapi rasanya lebih asam. Enak sih dan segar.

Untuk menjadikannya sebuah sirup maka dilakukan dua tahap pemasakan dengan metode pasteurisasi bertingkat. Tujuannya, agar kandungan vitamin A, D, dan K bisa dipertahankan. Buah mangrove yang dipilih adalah yang matang alami di pohon.

Wah menurutku produk ini unik. Tapi jika nantinya sirup mangrove populer, jangan sampai buah mangrove habis dan tak menyisakan buat para hewan.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 8, 2019.

4 Tanggapan to “Mangrove pun Bisa Dibuat Buah Tangan”

  1. Wah, baru tahu saya ada buah mangrove yg bisa diolah jadi minuman. Klau gak baca isinya, hnya lihat judul, mka sy gagal paham. Krn sy tahunya mangrove artinya hutan bakau, masa hutan bakau jadi sirup 🙂

  2. Semoga Banten juga bisa seperti Bontang yah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: