Tentang DVD Indonesia

Omong-omong tentang DVD film Indonesia rupanya masih ada toko yang menjualnya. Memang tidak semua film Indonesia dibuat versi DVD-nya. Namun pilihan DVD-nya juga lumayan banyak. Di antaranya film-film terkenal pada jamannya.

Aku menjumpai koleksi DVD original film Indonesia yang lumayan banyak di Perpustakaan Nasional yang terletak di bilangan jalan Merdeka, Jakarta Pusat. Lokasinya tak jauh dari kantor BUMN. Di situ ada banyak koleksi DVD bahkan aku menemukan film-film yang kontroversial dan kemudian dilarang edar. Salah satunya berjudul “Tanda Tanya”.

Aku sendiri tak tahu kenapa film itu dilarang beredar. Pasalnya, isinya biasa saja, bahkan pesan moralnya bermanfaat yaitu tentang menjaga keberagaman agama. Apakah mungkin isu seperti ini akhir-akhir ini menjadi sensitif di Indonesia.

Dalam film yang diperankan oleh Reza Rahadian ini diceritakan sosok banser yang meninggal ketika menjaga gereja dari teror bom. Di situ juga dikisahkan seorang janda yang dimusuhi karena ia berpindah agama. Ceritanya relevan dengan kondisi saat ini tapi ia hanya tayang sebentar dulu di bioskop.

Film kontroversial lainnya yang juga banyak didemo adalah “Perempuan Berkalung Sorban”. Ini diangkat dari sebuah novel populer. Isinya tentang kesusahan dan diskriminasi yang dialami wanita di sebuah daerah. Tapi lagi-lagi isu seperti ini dianggap sensitif.

Selain film-film tersebut di sini juga terdapat film hasil restorasi. Film-film lawas sebelum tahun 1960. Aku belum pernah menonton isinya.

Film-film ini bisa ditonton di Perpusnas lantai delapan. Ada banyak pemutarnya. Menonton rame-rame bersama komunitas pun diperbolehkan asal sudah mendapat ijin sebelumnya. Ada teater mini di situ dan cuma-cuma.

Sementara itu toko yang menjual DVD ori mulai langka. Aku masih menemukannya di Cijantung. Ia menjual kaset, CD, dan DVD original Indonesia dan mancanegara.

Ada banyak film box office Indonesia yang dijual di sini. Ada Habibie dan Ainun 1 dan 2, Soekarno, Hangout, Negeri van Oranje, Critical Eleven, AADC, dan masih banyak lagi. Harganya berkisar dari Rp 25 hingga Rp 50 ribu.

Ya, meskipun ada banyak layanan streaming legal dan ilegal, juga lapak DVD bajakan, tapi toko DVD ori ini bertahan. Entah sampai kapan.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 18, 2019.

2 Tanggapan to “Tentang DVD Indonesia”

  1. Sekarang dvd sudah agak mulai surut ya kak, kalah sama youtube 😁

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: