Multiverse di Marvel dan DC Comics

Ketika Joker dan komplotannya menyandera Lois Lane yang saat itu hamil dan kemudian melakukan hal yang berdampak fatal bagi nyawa Lois maka saat itulah terjadi semesta alternatif. Ada dua cabang waktu, Superman menjadi tiran dan membuat superhero DC menjadi dua kubu, garis waktu lainnya tentang upaya Batman menyadarkan Superman dan berhasil. Konsep multiverse ini juga ada di film superhero Marvel, seperti yang terlihat dari dampak kisah di “Avengers: End Game”.

Cerita tentang semesta alternatif itu dikisahkan dalam “Injustice” nya “Justice League”. Memang jika penonton diajak berpaku pada satu waktu kisah “Injustice” maka penonton seperti aku bisa banjir tangisan. Batman tak berdaya, Superman mengamuk habis-habisan karena orang yang dicintainya tewas mengenaskan. Ada banyak superhero yang berada di pihak Batman berakhir tragis seperti Green Arrow, Black Cannary dan teman-temannya. Ya sungguh menyedihkan.

Untunglah ada cabang waktu. Mungkin ceritanya jadi agak membingungkan. Tapi ceritanya jadi lebih baik dibandingkan cabang waktu lainnya. Lalu ada lagi cabang waktu yang muncul ketika The Flash kembali ke masa lalu dan memberikan peringatan akan kejadian yang akan menimpa Lois.

The Flash dalam DC Comics memiliki kemampuan kembali ke masa lalu selain dapat bergerak sangat cepat. Dalam film serialnya ia telah melakukan bolak balik ke masa lalu di mana yang terjadi kemudian ia menciptakan berbagai timeline alternatif.

Bagaimana dengan kisah superhero lainnya?

Oh ya sebelum membahas ini yuk bahas apa sih multiverse atau multisemesta ini. Kita hidup di alam semesta. Di sebuah alam semesta terdapat ruang, waktu, energi, materi, dan juga hukum fisika. Nah, konsep multiverse percaya bahwa ada alam semesta lain selain alam semesta tempat kita berada saat ini.

Tapi ini baru satu teori, ada banyak teori lain dan definisi alam semesta jamak bisa berbeda satu sama lain. Ada yang menganggap konsep ini berkaitan dengan alam semesta lain yang sangat jauh dari alam semesta kita saat ini. Konsep lain yaitu alam semesta yang berbeda dimensi dengan kita yang hidup di tiga dimensi. Ada pula teori yang beranggapan ada alam semesta lain yang hadir karena ada kejadian yang membuat waktu bercabang. Misalnya di tempat lain bumi dan dinosaurusnya tetap eksis karena meteornya melesat.

Konsep multisemesta ini memang rumit dan sulit dibuktikan keberadaannya.

Di film animasi kisah dunia paralel ini sudah banyak diceritakan dan lebih gampang ditampilkan. Ada banyak kisah animasi berhubungan dengan dunia paralel seperti “Orange” dan “Coraline”.

Selain serial “The Flash” dan “Injustice”, konsep alam semesta alternatif disampaikan di film X-Men. Wolverine dibantu Kitty dikirim ke masa lalu untuk mengubah sikap Mystique agar tak memicu pertempuran besar antara bangsa robot dan mutan. Ia berhasil. Tapi menurutku Wolverine menciptakan berbagai timeline alternatif ini bisa dilihat dari film-film X-Men berikutnya. Ada masa ketika Dark Phoenix benar-benar tewas, ada cabang waktu ketika Phoenix dan Scott tetap hidup, dan cabang waktu Quick Silver bergabung dengan X-Men.

Di film Marvel konsep ini dibahas di Spider-man animasi. Ada cerita Spider-man yang tewas dan di dunia lain ada Spider-man yang hidup. Ternyata di semesta lain ada juga Spider-man berupa anak perempuan, babi, dan seorang berjubah misterius.

Konsep ini kemudian dimunculkan lagi di “Avengers: Endgame”. Akibat dari Hulk dkk mengambil batu ke masa lalu maka di situ disebutkan tidak mengubah masa depan. Akan tetapi, memunculkan cabang waktu alternatif. Nah bisa jadi ada kisah yang berbeda karena Loki berhasil kabur. Atau ada cerita lain tentang ibu Thor tidak jadi meninggal, dan sebagainya.

Konsep waktu dan dunia paralel ini menarik, namun sungguh rumit.

Gambar: DC Comics, Marvel Studio, IMDb

~ oleh dewipuspasari pada Mei 4, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: