Minggu Pertama Puasa, Waktunya Buka Puasa di Rumah

Minggu siang pasar dan pusat perbelanjaan ramai oleh pengunjung. Mereka sibuk berbelanja kebutuhan pokok. Puasa Ramadan akan diawali pada hari ini, Senin, 6 Mei. Agar semangat menjalani puasa maka menu sahur dan buka puasa pun diupayakan lebih istimewa. Apalagi buka puasa minggu pertama biasanya dihadiri keluarga lengkap.

Ya, ada kecenderungan di masyarakat bahwa buka puasa minggu pertama biasanya banyak diisi di rumah. Tak heran jika lalu lintas cendung mulai padat sejak pukul 16.00 hingga jelang Maghrib.

Dua minggu berikutnya para anggota keluarga biasanya sibuk menghadiri undangan berbuka puasa di tempat satu dan lainnya. Kepadatan kendaraan pun berpindah ke tempat makan dan pusat perbelanjaan yang banyak memiliki tempat makan.

Minggu terakhir puasa biasanya diisi dengan berbuka puasa di pusat perbelanjaan dan juga di perjalanan mudik. Mereka berbelanja baju baru, kue kering untuk hari raya dan bersiap untuk mudik. Alhasil buka puasa pun biasanya sekaligus di mal dan di rest area saat waktu mudik telah tiba.

Aku sendiri sudah lumayan hafal dengan kecenderungan tersebut sehingga pada hari pertama ini aku juga menyiapkan makanan buka puasa untuk kami santap sekeluarga. Hanya untuk kami berempat sih, aku, pasangan, dan dua kucingku, si Ponoc Mungil dan Nero.Hehehe kedua kucingku juga berpuasa makan besar, tapi mereka tetap makan ringan dan minum seperti biasa.

Menu berbuka puasa kami sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hari-hari biasanya. Aku ingat pesan seseorang yang kuhargai agar tak berfoya-foya dalam menjalani puasa ramadan. Jangan sampai kami jadi lapar mata hanya gara-gara berpuasa. Ya, memang ada bedanya dengan menu sehari-hari yaitu menu takjil. Untuk menu tersebut aku berencana membuat minuman dengan bahan sirup, buah, dan agar-agar. Jika tidak sempat maka aku bisa membeli takjil secukupnya seperti es degan dan bubur sumsum.

Selama sebulan ke depan ini aku akan berupaya berangkat kerja lebih awal agar bisa pulang pukul 15.00. Dengan demikian pukul 16.00 aku sudah bisa untuk memulai memasak. Setelah makan takjil dan makan malam kami bisa bersiap untuk sholat tarawih.

Rencanaku dalam berbuka puasa sepertinya sederhana dan biasa-biasa saja. Bagaimana denganmu?

~ oleh dewipuspasari pada Mei 6, 2019.

2 Tanggapan to “Minggu Pertama Puasa, Waktunya Buka Puasa di Rumah”

  1. cukup satu kata:

    “Segeeerrr . . . !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: