Menu Sahur Praktis

Hayo siapa yang enggan bangun sahur? Hehehe dulu waktu aku masih kuliah malam aku paling malas bangun sahur. Soalnya mengerjakan tugas saja sudah larut malam, alhasil sekalian sahur. Tapi kini aku rajin sahur. Untuk itu menunya yang gampang dan cepat.

Bukan mie instan hahaha. Memangnya anak kosan. Tapi kalau terpaksa kadang-kadang iya sih. Apalagi kalau bangun kesiangan dan Imsa’ kurang dari 30 menit.

Jika waktunya cukup misal satu setengah jam maka aku masih bisa menyiapkan makanan yang ‘layak’, seperti nasi plus lauk-pauk dan sayuran. Sering kali biar cepat aku tinggal menghangatkan nasi semalam yang sengaja kumasak lebih banyak. Nah waktu sahur bisa tinggal dipanasi atau dibuat nasi goreng.

Oh ya sejak hari Minggu aku sudah stok sambal. Aku membuat sambal dalam porsi besar. Bahan sambalnya cukup cabe, bawang putih, dan bawang merah. Kadang-kadang kumodifikasi dengan kutambahkan ebi atau terasi. Jika aku malas aku cukup membuat nasi plus sambal menjadi nasi goreng. Ditambah telur dadar atau ceplok jadi deh nasi goreng telur.

Menu lainnya yang praktis adalah cornflakes dan oatmeal. Cornflakes cokelat tinggal ditambah susu cair. Cornflakes original bisa ditambahkan pisang biar lebih enak. Untuk oatmeal bisa dimasak dengan susu dan sedikit gula. Ada juga resep memasaknya ala soto ayam, tapi aku tak suka.

Untuk buah yang aman disantap saat sahur sih menurutku adalah buah pisang. Buah ini enak dan mengandung zat khusus yang membuat mood menjadi baik. Ia juga cepat bikin kenyang. Kawannya adalah alpukat tapi lebih mudah menemukan pisang daripada alpukat.

Oh ya pisang ini juga bisa dipanggang sejenak kemudian ditambahkan misis atau keju parut. Jadinya pisang bakar keju deh. Enak.

Apa lagi ya? Menu umum sih nasi. Bisa nasi plus tempe tepung plus sayuran dan telur ceplok. Atau jika bosan bisa memasak bihun. Prosesnya mudah. Tinggal direbus lalu dimasak dengan bumbu merica, bawang putih, dan bawang merah. Bisa digoreng dengan kecap atau berkuah. Tinggal ditambah sayuran seperti sawi hijau dan bakso. Asyik.

Menu sahur favoritmu apa teman-teman?

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 8, 2019.

Satu Tanggapan to “Menu Sahur Praktis”

  1. keren..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: