Amalan Puasa, Mana yang Biasa Kamu Lakukan?

Pada bulan Ramadan, sejumlah kegiatan yang sifatnya mendekatkan diri kepada Tuhan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Amal ibadah Ramadan ini bukan hanya yang sifatnya ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, melainkan juga semua kegiatan yang mengandung nilai-nilai kebaikan.

Wah untuk tema ini aku tidak berani menulis sesuai pengetahuanku. Aku harus membaca-baca dulu dari situs Islami yang kiranya bisa terpercaya. Oke inilah hasilnya.

Amalan bulan Ramadan yang paling utama dan bersifat wajib tentunya adalah berpuasa. Di sini umat muslim diperintahkan untuk berpuasa sebulan penuh sesuai dengan surat Al-Baqarah 183. Namun selain menahan lapar dan haus, berpuasa di sini juga bermakna menahan indera penglihatan, pendengaran, dan lisan dari dusta, menyakiti orang lain, dan tindakan lainnya yang dilarang seperti dalam hadits yang diriwayatkan Al-Baihaqi dan Ibn Aby Syaibah.

Amalan wajib lainnya yang tidak boleh ditinggalkan adalah mengeluarkan zakat fitrah. Zakat ini dkeluarkan saat bulan Ramadan berupa makanan pokok seberat 2,5 kilogram atau uang senilai dengan besaran tersebut. Oleh karena kita makan beras maka kita membayarnya dengan beras. Negara lain juga bisa membayar zakat fitrah dengan gandum dan jenis makanan pokok lainnya.

Amalan berikutnya yang sifatnya sunnah adalah melakukan sholat tarawih dan sholat malam pada malam hari, memperbanyak membaca Al-Qur’an dan meresapi maknanya, i’tikaf yaitu berdiam di masjid untuk mendekatkan diri pada Tuhan, dan memperbanyak melakukan sedekah. Amalan lainnya yang juga bersifat ibadah yaitu melakukan ibadah umrah, memburu Lailatul Qadar, serta memperbanyak dzikir, beristighfar, dan berdoa.

Amalan lainnya yang tak kalah penting dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan yaitu melakukan ibadah sahur dengan mengakhirkan waktu sahur, menyegerakan waktu berbuka puasa, memberi makan orang berpuasa seperti menyediakan takjil dan makanan berbuka, belajar untuk memperbanyak ilmu dan wawasan tentang agama, bertaubat, serta mengurangi hiruk-pikuk kehidupan duniawi.

Kegiatan lainnya yang disukai tapi bukan merupakan ibadah yang sifatnya khusus adalah belajar dan melakukan kegiatan positif seperti bertanam, berbicara lemah lembut, dan menyayangi binatang.

Gambar: pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 24, 2019.

2 Tanggapan to “Amalan Puasa, Mana yang Biasa Kamu Lakukan?”

  1. Amalan lainnya adalah menulis tentang bulan ramadhan itu sendiri. Hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: