Tradisi Lebaran

Takbir berkumandang. Di masjid dan televisi suara bedug bertalu-talu diiringi suara takbir menandai esok adalah hari raya Idul Fitri. Aku pun masih sibuk menata kue kering dalam aneka toples, lalu menyiapkan baju lebaranku.

Malam lebaran saat masih kecil begitu istimewa. Setelah sholat Isya di masjid kami kadang-kadang ikut pawai takbiran atau menontonnya di masjid. Setelah puas, aku pun pulang ke rumah dan membantu Ibu menata kue-kue lebaran.

Nenek biasanya memanggilku untuk ikut menata kue-kuenya. Biasanya kue di rumahku dan rumah nenek ada bedanya sehingga aku suka akan pekerjaan ini. Aku membantu nenek mengelap toples, mengisinya dengan keripik melinjo yang telah ditiriskannya dari minyak usai menggoreng. Nenek suka sekali keripik melinjo dan kue ini hampir selalu ada di menu kue lebaran nenek.

Setelah usai, termasuk urusan setrika baju dan menyiapkan mukena plus sajadah, aku pun tidur nyenyak. Wah rasanya tak sabar menanti lebaran.

Sementara Ibu masih menghangatkan telur petis, sayur labu, opor ayam dan sebagainya untuk menu makan siang besok. Ketupat sudah matang. Di tempat juga ada lontong.

Usai sholat Id kami bermaafan. Ada halal bihalal RT di ujung gang. Setelah itu baru kemudian saudara berdatangan. Sekitar pukul 09.00-10.00, usai sarapan kami siap ke pemakaman.

Seharian itu acara diisi dengan silatuhrami dan makan jajanan serta ketupat. Anak-anak kecil sepertiku suka sekali jika saudara dan kawan-kawan ayah semakin banyak yang datang. Itu berarti uang angpauku akan semakin banyak. Aku rajin membawakan minuman dan bersikap manis seharian.

Bertemu sepupu itu menyenangkan. Kami bermain dan asyik bersenda gurau. Biasanya agak siang ada tayangan televisi dono kasino indro. Selain warkop biasanya juga ada drama srimulat. Meskipun acaranya sering diulang beberapa kali kami tetap menontonnya dan tertawa pada adegan yang sama.

Mungkin tidak ada yang begitu istimewa di tradisi lebaran di Malang. Yang beda dan khas adalah sajiannya. Akan kuceritakan pada dirimu cerita akan makanan itu di artikel selanjutnya.

Gambar dari public holiday

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 30, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: