Mengisi Waktu Selama Ramadan

Apa yang Kamu lakukan di waktu senggang bulan Ramadan? Kalau aku sih lebih suka tidur. Hehehe ini jawaban jujur, terutama pada akhir pekan dan ketika aku kurang tidur. Tapi untuk hari-hari biasa tentunya aku tak bisa bermalasan.

Pada hari biasa maka kegiatanku lumayan padat. Pada saat berpuasa pada hari-hari biasa aku hanya tidur sekitar lima jam, bahkan kadang-kadang kurang. Biasanya selepas sahur dan seusai sholat Subuh aku bersih-bersih rumah, menyapu, mencuci piring, mencuci baju, serta menyapu halaman. Setelah semuanya beres biasanya matahari sudah menyapa. Waktu yang ada pun hanya bisa kugunakan untuk menulis sebuah artikel.

Pada waktu jam istirahat bekerja, usai sholat Dhuhur, baru aku membaca Al-Quran secara online. Ada sebuah situs yang memudahkan kita membaca Al-Quran per surat. Huruf Arabnya cukup besar dan nyaman di mata.

Pada hari-hari biasa aku sepertinya tak banyak memiliki waktu luang. Di sela-sela waktu seperti habis sholat Ashar, aku membuat artikel, tentang apa saja atau tema yang ditentukan saat itu. Tapi belum tentu artikel itu jadi karena aku masih suka menulis berdasarkan mood. Ketika mulai mengantuk dan bosan, aku coba mewarnai dan menggambar sesuatu dengan pensil warna. Ini lumayan efektif membuat perasaan kembali membaik. Kadang-kadang aku membuka situs humor tentang hewan-hewan yang lucu. Ulah kucing dan hewan yang nakal membuatku tertawa geli dan kembali berenergi.

Setelah tiba di rumah aku kembali sibuk dengan urusan memasak untuk berbuka puasa dilanjutkan dengan tarawih. Di sela-sela waktu aku masih bisa sih mengobrol dan bercanda bersama teman-teman. Oh ya aku juga masih rutin belajar bahasa Inggris dan berhitung lewat aplikasi permainan agar kemampuanku tak luntur dan semakin baik.

Kegiatan lainnya selama Ramadan apalagi ya? Kadang-kadang menonton film terutama saat libur berpuasa, merapikan rumah, membuat kompos, membaca, iseng-iseng membuat kue kering, dan belajar menulis artikel ilmiah. Terdengar membosankan ya? Tapi aku menyukainya dan tak merasa jenuh melakukannya secara rutin. Kalau Kamu apa yang Kamu lakukan mengisi Ramadan?

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 31, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: