Jajan Hari Raya yang Khas

Apa sih yang biasanya hadir saat kita bertamu di hari raya Idul Fitri? Biasanya sih kue kering dan kacang. Hahaha entah kenapa jenis kue ini serasa ‘wajib’ saat lebaran. Ada dimana-mana, dari yang ‘wajib’ seperti nastar dan puteri salju, hingga yang bentuknya lucu-lucu

Aku menjumpai kue kering ini selalu ada saat lebaran sejak aku masih kecil. Biasanya ayah hari-hari jelang lebaran membawa pulang kue kering. Kue keringnya lucu-lucu saat itu. Ada kue kering cokelat bentuk beruang, juga kue jahe dengan taburan gula halus.

Ibu sendiri suka membeli kue kering dari saudara perempuannya. Nah kue kering bikinan bibi ini juga khas rasa dan teksturnya. Ia tak menggunakan mixer sama sekali. Hanya terigu yang dijemur atau disangrai dulu lalu dicampur telur, vanilla, margarin, gula halus, dan pengembang. Kemudian diuleni hingga merata dan dibentuk dengan spruit.

Kue bikinan bibi biasanya berbentuk bunga dan lonjong seperti renda-renda.yang berbentuk bunga bagian tengahnya diisi selai nanas atau bahan cokelat. Sedangkan yang berbentuk renda biasanya ditaburi misis cokelat.

Baru kemudian ada kue kering jenis lainnya seperti lidah kucing, nastar, puteri salju, kue jahe, bangket kacang, sagu keju, dan kue choco chip. Saat ini jenis kue kering makin beragam dan aneh-aneh. Ada yang enak tapi ada pula yang rasanya malah aneh.

Selain kue kering makanan lainnya yang biasa ada saat lebaran adalah kacang dan melinjo goreng. Kacang ini ada kacang bawang, kacang telur, dan kacang bumbu. Untuk melinjo biasanya nenekku suka menggorengnya.

Apa lagi ya? Oh iya ada kue kaleng. Isinya ada wafer, biskuit, semprong, semacam astor, dan lainnya.

Kalau di desa biasanya juga ada aneka rengginang dan jajan jaman dulu yang bentuknya seperti bunga dan rasanya manis ada jahenya. Aku lupa namanya, sepertinya kembang goyang. Jenang dan dodol juga tersedia dan mereka sebagian besar membuatnya sendiri.

Di tetanggaku punya sajian khas. Mereka suka menyajikan tape ketan hitam plus jadah. Jadah yang asin dan gurih berpadu dengan tape yang manis asam. Hasilnya unik dan segar. Cobain deh.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 1, 2019.

4 Tanggapan to “Jajan Hari Raya yang Khas”

  1. Kangennya Idul Fitri 🙂 Tapi ramadhan juga begitu cepat berlalu

  2. Wah kalo saya paling suka tape ketan kak.. Jajanan wajib yang musti dicoba di rumah nenek hihi

    • Wah es tape ketan hitam itu enak dan segar. Kalau tetanggaku ditambah dengan jadah alias tetel. Jadinya ada perpaduan gurih dan manis asam segar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: