Musim Kering, Yuk Mulai Hemat Air

Memasuki bulan Juni hujan mulai semakin sedikit. Memang kadang-kadang masih hujan rintik-rintik, tapi umumnya tak lama. Sumber air mulai mengering. Yuk waktunya lebih hemat air.

Waktu aku main ke Sumbawa, di desa nelayan Poto Tano aku jadi tahu susahnya air tawar. Di sana mereka membeli air untuk digunakan sehari-hari. Air di bak mandi sering kosong atau hanya tersisa sedikit. Hewan ternak seperti kambing suka nyelonong masuk rumah karena haus dan kurang air minum.

Dulu aku sering mendengar masyarakat Gunung Kidul yang harus berjalan jauh untuk mendapatkan air bersih. Untunglah sekarang hal tersebut tinggal cerita.

Di beberapa wilayah Indonesia dulu masih banyak yang sulit mendapatkan air bersih. Bisa jadi lingkungannya kering atau di kawasan pantai yang air sumurnya suka bercampur air laut. Untunglah sekarang berita itu makin jarang terdengar karena air minuk merupakan kebutuhan vital manusia dan makhluk hidup lainnya.

Ada sebuah film animasi di sebuah dunia paralel dimana seekor rubah harus berjalan jauh ke dunia manusia untuk mendapatkan air. Ia menadahi air hujan untuk minum tanamannya yang kering. Aku suka banget melihat animasi ini.

Di Jakarta beberapa tahun lalu aku masih melihat pedagang air tawar. Mereka berjalan keliling dengan gerobag menawarkan air tawar. Di ibukota ini memang multiparadoks. Kesenjangan lebar antara yang kaya dan miskin. Di kawasan padat penduduk yang kumuh mereka sulit mengakses air bersih hingga kadang-kadang ada berita sedih mereka mencuri air PAM. Yang mampu membeli lewat pedagang air tersebut.

Moga-moga ke depan pemerintah semakin peduli bahwa air minum itu sebaiknya diurus negara, jangan sebagian besar dikuasai oleh swasta. Jika punya dana, sebaiknya semua air minum dikelola oleh negara atau Pemda.

Bakal mengerikan jika semua sumber air kemudian dikomersialiasi. Masih ingat kan film James Bond “Quantum of Solace”, ternyata mereka bukan berebut minyak tapi sumber daya yang paling berharga, air tawar yang bersih. Jangan sampai hal tersebut terjadi.

Gambar: pixabay, youtube dan dokpri

~ oleh dewipuspasari pada Juni 22, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: