Seperti Apa Rahasia Sukses Sepanjang Jaman?

Benarkah kunci sukses itu sebenarnya sudah diketahui oleh nenek moyang kita? Wah sepertinya memang iya karena pada tiap generasi biasanya lahir para sosok yang gemilang dan namanya berhasil diukir oleh sejarah. Mau tahu rahasianya?
Aku menemukan buku ini secara tidak sengaja. Seperti sebuah ‘rencana besar’ agar aku bisa segera menggapai impianku. Ya, ada satu hal yang ingin kucapai, di antara sejuta impian lainnya.

Buku ini sepertinya masih satu tema dengan “law of attraction” atau hukum daya tarik di alam. Buku ini juga ada beberapa persamaan dengan buku “The Secret”, hanya di sini ada begitu banyak kisah-kisah sukses dari mereka yang terkenal dan mereka yang mungkin tidak banyak dikenal oleh orang awam. Kisah-kisah mereka menginspirasi.

Buku karya Robert Collier ini juga kaya akan kata-kata bijak dari para tokoh terkemuka. Di tiap bab juga biasanya ada kutipan dari Alkitab. Meski demikian buku ini bisa dibaca oleh non Nasrani.

Oke ini sepertinya bukan resensi buku, tapi lebih pas kusebut ringkasan buku. Hal-hal yang menurutku penting kucatat dalam artikel ini, sehingga aku bisa mengingat isinya, mengingat buku ini kupinjam secara daring di i-Jakarta.

Karya nonfiksi ini memiliki subjudul “Cara-cara Kuno yang Terbukti Mujarab Sepanjang Masa untuk Meraih Kesuksesan”. Wah melihat judul dan subjudulnya aku kontan tertarik. Tapi buku ini sangat tebal, sekitar 480-an halaman. Aku hanya membaca sebagian kisah-kisah suksesnya dan lebih berfokus pada teori dan aplikasinya sehingga bisa kubaca dalam semalam.
Di cover buku ini terdapat kutipan yang menarik “Tak ada keinginan yang tak dapat Anda miliki. Bila pikiran Anda menerima kenyataan bahwa Anda bisa melakukannya, maka semua bisa Anda lakukan”.

Ada delapan rahasia utama yang kemudian dibagi lagi dalam beberapa bab dan dikupas satu-persatu. Kedelapan rahasia itu adalah:
Rahasia 1: Pikiran Bawah Sadar Anda
Rahasia 2: Ambisi dan Keinginan: Dua Kunci Menuju Sukses
Rahasia 3: Temukan Sasaran dan Tujuan Anda
Rahasia 4: Yakin pada Diri dan Pikiran Anda
Rahasia 5: Imajinasi Kreatif Mendatangkan Keuntungan Finansial
Rahasia 6: Kekuatan Tekad
Rahasia 7: Petunjuk Penting untuk Mengarungi Badai Kehidupan
Rahasia 8: Mulailah dan Belajarlah

Aku tak membahas rahasia ini satu-persatu dengan detail. Apabila Kalian pernah membaca artikelku tentang kekuatan alam bawah sadar dan juga tentang ‘law of attraction’ ataupun tentang “The Secret” maka sebenarnya panduan untuk melaksanakan delapan rahasia ini sejalan, dengan teknik yang agak berbeda dan metode penjelasan yang berbeda.

Alam bawah sadar disebut memiliki kekuatan besar. Selama ini manusia baru menggunakan sekian persen dari kekuatan ini. Bawah sadar biasanya berkaitan dengan emosi dan juga pengetahuan yang pernah didapatkan. Tanpa disadari alam bawah sadar menggerakkan manusia. Misalnya selama ini ia sering mendengar propaganda di lingkungannya bahwa perempuan itu warga kelas dua dan suaranya perlu diabaikan, maka apabila ia berpindah lingkungan yang modern, pemikiran ini mengukungnya. Untuk itu setiap orang perlu berpikiran positif dan melakukan rekonstruksi pemikirannya yang negatif. Apabila selama ini ia selalu terpapar komentar yang merendahkan dirinya, maka ia melakukan jampi-jampi doa, seperti “Aku bisa, aku akan berhasil, aku bisa menyelesaikan tugas tersebut,” dan sebagainya.

Rahasia 2 sampai 5 berhubungan. Apabila seseorang punya keinginan maka capailah dengan penuh rasa percaya diri. Di sini kekuatan visualisasi lagi-lagi berperan. Berikan waktu bagi diri sendiri untuk merenung dan membayangkan impian yang ingin dicapai. Berikan impian itu sebuah detail, seolah-olah Kalian telah mencapainya dan melihatnya sendiri. Ada yang berupaya mencapai impian itu dengan bersikap seperti sudah melakukannya. Misalnya ia awalnya staf biasa, berkeinginan menjadi pejabat yang dihormati, maka penampilannya juga cara bertingkah laku ia buat lebih elegan dan bijak.

Rahasia 6 sampai 8 itu adalah bagian yang paling susah. Tekad hanya dimiliki oleh mereka yang kuat, tabah, dan berpendirian teguh. Biasanya lahir lewat pikiran positif, kebiasaan positif, dan kemauan agar impian itu bisa dicapai, dengan melakukannya sekarang. Jangan menundanya.

Judul Buku:
Judul: Rahasia Sukses Sepanjang Jaman (The Secret of The Ages)
Penulis: Robert Collier
Penerbit: Gemilang
Tahun Terbit: 2018
Genre: Pengembangan Diri
Skor: 7/10
Gambar: iJakarta dan pexels

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 25, 2019.

2 Tanggapan to “Seperti Apa Rahasia Sukses Sepanjang Jaman?”

  1. Mksh share wawasannya yg bagus God bless us

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: