Tentang Kucing yang Tak Siap jadi Induk

Menjadi induk atau ibu itu sebuah anugerah, termasuk bagi kucing betina. Namun, tidak semuanya siap menyandang tugas sebagai induk kucing, seperti yang dialami kucing bernama Kecil. Ia nampak stress seusai melahirkan.

Kemarin sore aku mendengar suara anak kucing yang khas. Kupikir itu suara si Kidut, kucing kecil dua bulanan yang suka menyusup masuk rumah. Tapi suara itu berasal dari luar rumah.

Aku pun langsung teringat akan Kecil yang lagi hamil. Dugaanku benar. Ia ada di pojokan teras. Di dekatnya ada dua bayi kucing yang salah satunya tali pusarnya masih belum dibersihkan.

Si Kecil tidak pernah jadi kucing favoritku. Ia nakal dan suka merajuk. Dia suka buang air sembarangan dan mudah cemburu ke kucing lainnya. Plusnya dia perhatian kepadaku dan suka ikut menyambutku setiap kali aku tiba di rumah.

Kunamakan si Kecil karena ia pendek. Ia sudah dua tahunan dan tak tumbuh normal. Meskipun makannya lumayan banyak ia tetap pendek dan kurus. Badannya kalah besar dan kalah tinggi jika dibandingkan Ponoc yang tujuh bulanan. Oleh karenanya ketika ia kemudian hamil aku was-was, apakah ia tak apa-apa.

Ia nampak tertekan. Mengeong-ngeong keras dan minta masuk rumah. Ia tak memedulikan bayinya sama sekali. Kedua bayinya dibiarkannya. Lalu ia memusuhi kucing-kucing lainnya. Si Kidut dikejarnya membuat kucing balita itu ketakutan.

Kasihan bayi kucingnya. Aku tak tahu harus berbuat apa. Si Kecil menjadi kucing ganas tapi juga tak menjadi induk kucing yang baik. Saat malam hari kuintip kedua bayi kucing itu sudah sangat lemah.

Apakah si Kecil mengalami sindrom biru ketika menjadi induk? Kasihan ia dan kedua bayinya.

~ oleh dewipuspasari pada Juli 1, 2019.

2 Tanggapan to “Tentang Kucing yang Tak Siap jadi Induk”

  1. Ketidak siapan menjadi induk kucing mungkin karena tidak ada yang membantu saat melahirkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: