“Bastille Day” dan Peringatan Revolusi Perancis

Dalam buku sejarah, pada tanggal 14 Juli 1789 terjadi sebuah peristiwa besar di Perancis. Pada masa itu dimulailah sebuah revolusi untuk meruntuhkan kekuasaan Raja Louis XVI dan Permaisuri Marie Antoinette yang dinilai banyak merugikan rakyat.

Sebenarnya Perancis mulai bermasalah jauh sebelum diperintah oleh Louis XVI. Hal ini dikarenakan raja dan para bangsawan bertindak semaunya. Pajak dinaikkan dan mereka berpesta pora. Para kalangan terpelajar mulai merasa geram akan kondisi ini.

Maka pada 14 Juli 1789 dilakukan serangan ke Bastile Saint-Antoine. Serangan ini menandai awal revolusi Perancis. Setelah itu Perancis berubah. Napoleon Bonaparte terpilih sebagai pemimpin. Ia kemudian meluncurkan berbagai serangan, di mana kemudian Indonesia sempat menjadi daerah kekuasan Perancis sekitar tahun 1808-1811 lewat Gubernur Jenderal Daendels.

Sejak itu 14 Juli dirayakan sebagai hari nasional Perancis. Biasanya diadakan beragam even untuk merayakannya.

Film “Bastile Day”
Nah, tadi malam juga sedang diputar film “Bastille Day”. Film ini dirilis tahun 2016 dan dibintangi oleh aktor “Game of Thrones”, Richard Madden dan aktor “Pacific Rim” Idris Elba. Filmnya berkisah tentang aksi pengeboman sebelum hari nasional tersebut.

Dikisahkan ada seorang berkewarganegaraan Amerika, Michael Mason (Richard Madden) yang mencopet tas wanita. Eh rupanya di dalam tas tersebut selain ponsel dan rambut palsu juga ada bom. Ketika tas itu kembali diletakkan maka memicu bom lalu terjadi ledakan. Pengeboman itu membuat empat orang meninggal sehingga dikira aksi terorisme.

Anggota CIA, Sean Biar (Idris Elba) kemudian menangkap Michael. Ia berkilah tak tahu apa-apa, hanya seorang pencopet. Pada saat interogasi tersebut, kelompok polisi korup yang memang berniat membuat kegaduhan hendak menangkap Michael tapi ia berhasil lolos. Rupanya ada konspirasi jahat yang dilakukan polisi korup dengan memanfaatkan kekacauan.

Ceritanya biasa saja. Jadi agak menarik karena latarnya pas dengan diperingatnya revolusi Perancis serta aktor pemerannya, Richard Madden dan Idris Elba. Konspirasinya mudah ditebak dan secara umum jalan ceritanya tak banyak kejutan. Ya lumayanlah sebagai penutup akhir pekan, menyambut hari baru.

Gambar:firstorderhistorians dan en.rfi.fr

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 15, 2019.

2 Tanggapan to ““Bastille Day” dan Peringatan Revolusi Perancis”

  1. Iya bener, terima kasih Phebie tambahan inflrmasinya. Ada masa transisi dan revolusi Perancis sebenarnya berjalan 10 tahun.

  2. Sebetulnya ada jeda cukup lama saat revolusi perancis dg naiknya napoleon tidak serta merta ada pemerintahan teror dulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: