Ah Poong Sentul yang Mulai Tak Terawat

Mumpung menginap di hotel seberang Ah Poong Sentul maka aku pun berencana ke sana. Dulu seingatku ketika kali pertama ke sana, ada banyak taman dan juga sungai yang berair deras. Ketika menyeberangi jembatan dan melihat penampakan Ah Poong sekarang aku terheran-heran. Air sungainya mengering dan fasilitas bermain mulai tak terawat. Hanya tempat makannya yang makin banyak.

Dulu masuk dan bermain ke Ah Poong tak berbayar. Seingatku ada banyak mainan di sini. Nah, untuk fasilitas mainan yang dulu berbayar, masuknya yang gratis. Ada mainan trampolin, sepeda di atas tali, dan semacam boom boom car. Oh ya juga ada aktivitas berperahu dengan membayar secara sukarela.

Tapi kini wajah Ah Poong berubah. Aku mendapati sungai yang mulai mengering. Hanya ada satu sisi yang airnya masih lumayan. Sisi tersebut digunakan untuk naik perahu dengan rute yang pendek dengan tarif tertentu.

Memasuki Ah Poong Sentul kini berbayar. Tarifnya lumayan, Rp 10 ribu/orang. Tiket ini nanti bisa ditukarkan dengan segelas minuman, teh apel atau teh lemon.

Di wisata air kini selain wisata perahu juga ada wisata bola air. Selain itu terdapat wisata kuda poni, rumah bermain anak (toddler playground), dan panahan. Eh ada juga si bebek kuning, giant yellow duck, tapi yang ini ukurannya tidak begitu besar di kompleks wisata air.

Di bagian lainnya yang terpisahkan dengan jembatan, sepedanya sudah nampak rusak. Fasilitas lainnya juga nampak kurang terawat. Namun,patung ikonik, yaitu pegulat dan salah satu tokoh transformer masih dipertahankan, masih banyak yang berfoto-foto di sini.

Tak banyak kini yang bisa dilihat di Ah Poong. Ia berubah menjadi tempat makan yang lebih besar. Dulu yang berupa taman kini berubah menjadi tempat makan. Saat hendak pulang dan melewati tempat ini, banyak mobil yang parkir. Rupanya meski Ah Poong tak seindah dulu, masih banyak peminatnya. Ragam makanannya memang banyak dan bisa jadi selingan untuk makan siang dikelilingi sungai yang mulai mengering.

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 6, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: