Vantage Point yang Begitu Sering Diputar

Film yang diputar di televisi sering sekali diulang-ulang dan biasanya berputar ke satu teve ke teve lain. Salah satu film yang lumayan sering diputar adalah “Vantage Point” yang dibintangi Dennis Quaid. Filmnya membahas tentang konspirasi berlapis.

Mungkin karena seringnya film ini diputar aku kadang-kadang menontonnya hanya sepintas. Hanya apabila terasa sepi saat sendirian aku menyalakan teve. Biasanya aku memilih tayangan berita atau acara dokumenter. Tapi jika tak ada ya tak apa-apalah memilih tayangan film meskipun filmnya itu lagi dan itu lagi.

Film “Vantage Point” ini rasanya sudah lebih dari lima kali kulihat. Aku jarang menyaksikannya sampai selesai
Mungkin hanya sekali. Lainnya kutonton sambil lalu.

Sebenarnya filmnya menarik karena menjabarkan suatu kejadian dari berbagai sudut pandang. Bagaimana sebuah aksi dirancang sebelum dan setelahnya. Ada unsur pembunuhan, penculikan, dan terorisme di dalamnya.

Dikisahkan Presiden Amerika Serikat Henry Aston (William Hurt) berkunjung ke Salamanca, Spanyol. Ketika diperkenalkan oleh walikota dan hendak berpidato di tengah warga Spanyol ia ditembak. Kemudian podium dibom sehingga ada banyak korban jiwa.

Di antara pengunjung ada seorang turis, Howard Lewis (Forest Whitaker) yang mendokumentasikan acara sebelum kejadian tragis tersebut dengan camcorder-nya. Seorang agen, Thomad Barnes (Dennis Quaid) merasa melihat sebuah tirai di sebuah bangunan tersikap sebelum peristiwa penembakan. Seseorang yang diduga pelaku pun dikejar dan tertembak oleh pihak lain yang misterius. Tapi rupanya ia seorang polisi.

Rupanya sedari awal Presiden yang tertembak di podium adalah presiden samaran. Presiden yang asli masih berada di kamat hotel. Dan berkat ledakan tersebut maka perhatian teralihkan. Presiden asli pun diculik. Lantas siapakah pelaku kejahatan sebenarnya dan bagaimana konspirasi itu dirancang.

Sebenarnya ceritanya biasa. Yang bikin menarik adalah lapisan demi lapisan dalam ceritanya yang tak seperti di permukaan. Bak kulit bawang ada lapisan-lapisan yang menyelubunginya sebelum kejadian dan pelaku yang asli tersingkap.

Peran turis Howard di sini menjadi penarik perhatian. Lewat ekspresi dan rasa ingin tahunya penonton jadi tergerak untuk menjadi Howard berikutnya dan mencari tahu ada apakah sebenarnya.

Meskipun premisnya menarik sayangnya eksekusi bagian berikutnya jadi terasa tipikal. Bagian penyelesaiannya biasa saja, malah terkesan jadi datar. Ini mungkin yang membuatku kemudian menontonnya sambil lalu ketika diputar lagi dan lagi. Padahal ada banyak film yang ketika ditonton lagi tetap memicu penasaran dan emosinya masih terasa hingga akhir film.

Detail Film:
Judul : Vantage Point
Sutradara: Pete Travis
Pemeran: Dennis Quaid, Matthew Fox, Forest Whitaker, Edgar Ramirez, William Hurt dan Sigourney Weaver
Genre : Kriminal, thriler
Skor : 6.6/10
Gambar : IMDb

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 7, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: