TIM XXI yang Kini Tinggal Kenangan

Kemarin siang (18/8) hingga petang aku dan kawan-kawan mengikuti nobar maraton film, “Perburuan” dan “Bumi Manusia”. Lokasinya istimewa karena rupanya bioskop ini adalah bioskop yang bakal berhenti beroperasi mulai hari ini (19/8). Ada rasa sedih ketika mengetahui hari itu merupakan hari terakhir bioskop TIM XXI eksis.

Dulu ketika masih bekerja di kawasan Cempaka Putih, aku lumayan sering berkunjung ke kawasan Taman Ismail Marzuki. Biasanya agendaku ke sini menyaksikan acara seni seperti pertunjukan teater, tari dan seni pertunjukan lainnya. Tapi tak jarang aku juga menyaksikan bioskop.

Bioskop TIM XXI salah satu favoritku. Pasalnya selain dulu tak begitu jauh dari tempat kos, juga lokasinya yang mudah dijangkau oleh transportasi umum. Aku bisa naik angkot atau naik bajai menuju ke saja.

Selain itu bioskop ini berdiri sendiri. Terpisah dari pusat perbelanjaan. Sehingga sambil menunggu film akan dimulai aku pun duduk-duduk di luar, menyaksikan anak-anak yang sedang belajar menari tradisional maupun tari hip hop. Dulu juga ada lapak penjual buku di paling ujung dan mushola besar di belakang bioskop.

Bioskop XXI salah satu bioskop yang sering memutar film Indonesia. Aku menonton film restorasi “Tiga Dara” di sini. Aku juga menonton film remake “Suzzanna” yang dibintangi Luna Maya di sini. Kemarin aku memilih TIM karena ia salah satu di antara beberapa bioskop di Jakarta yang memutar “Perburuan”. Film tersebut telah turun layar di sebagian besar bioskop.

Kemarin aku sedih karena kehilangan bioskop ini. Ada banyak kenangan tersimpan. Taman Ismail Marzuki akan direvitalisasi menjadi pusat kesenian. Gedungnya akan diperbaiki sehingga bisa memuat lebih banyak penonton. Mudah-mudahan bakal ada pengganti bioskop ini di sekitaran Cikini yang juga berdiri sendiri, seperti TIM XXI dan Metropole XXI. Syukur-syukur ada bioskop khusus film nasional, sehingga film-film tak segera turun layar karena kalah bersaing dengan film mancanegara.

Foto: Babeh Helmi dan dokpri

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 19, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: