Kucing dan Hewan Lainnya yang Cerdik

Hewan-hewan di sekeliling kita punya cara tertentu untuk bersosialisasi. Mereka punya keceerdikan tertentu yang kadang-kadang membuatmu takjub.

Hewan-hewan yang terkenal cerdik di antaranya hewan-hewan yang tinggal di daratan dan mereka yang tinggal di lautan. Tiga hewan laut yang populer karena pintar yaitu paus, lumba-lumba, dan gurita. Mereka memiliki sistem komunikasi tersendiri tapi mereka juga seolah-olah paham ketika berinteraksi dengan manusia.

Anjing sudah umum dikenal sebagai hewan yang setia dan mudah diajari. Mereka bisa diminta untuk duduk manis, membantu melakukan pencarian, dan juga menyerang. Begitu juga dengan bangsa kera seperti simpanse. Mereka juga relatif mudah untuk diberi ilmu baru. Yang hampir punya kemampuan seperti anjing adalah babi. Di Amrik ada orang-orang yang memelihara babi sebagai binatang peliharaan.

Gajah di luar ukuran tubuhnya juga dikenal memiliki ingatan panjang sehingga orang-orang yang punya memori kuat disebut seperti gajah. Yang tak terduga adalah tikus dan tupai. Kedua hewan pengerat ini cerdik dalam mencari makanan,insting kewaspadaannya kuat, dan juga ahli memikirkan jalan keluar.

Yang berikutnya jarang disebut-sebut adalah rayap. Mereka ahli melumpuhkan bangunan. Rumahku pernah ambruk gara-gara rayap. Sampai saat ini mereka masih berupaya untuk eksis kembali. Dimulai dari lantai lalu berupaya menggapai dinding. Sungguh cerdik.

Nah, yang terkenal adalah si hewan imut yang kadang-kadang kelakuannya amit-amit. Dia adalah si kucing. Tidak semua kucing sih. Kucingku yang paling pintar saat ini adalab si Mungil Ponoc dan nomor dua adalah si Nero.

Mereka hafal jam-jam aku pulang kemudian dimana tahu diriku biasanya saat pagi. Mereka telah siap sedia menyambutku saat petang. Si Ponoc dan Nero tahu jika aku hendak memberi mereka obat atau vitamin. Aku pernah ditendang dengan kaki belakang si Ponoc hahaha. Sudah mirip dengan kambing deh.

Si Mungil alias Ponoc tahu cara masuk celah-celah sempit. Ia kemarin enyah bagaimana terkurung di mobil. Kami mencarinya ke sana ke mari. Aku membuka-buka lemari takut ia terkurung di situ.

Kami baru tahu ia terkurung di mobil ketika lampu dim beberapa kali menyala. Seperti sandi morse dalam film “Parasite”.

Pasangan terpaku dipikirnya ada hantu. Eh ketika dibuka si Mungil langsung melompat ke luar. Ia takjub si Mungil punya cara brilian.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 22, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: