Perjalanan Panjang

Kenapa tidak naik pesawat atau kereta api saja daripada melakukan perjalanan panjang dengan roda empat? Hemm ada plus minusnya sih naik transportasi umum dan kendaraan pribadi. Yang kusuka dari melakukan perjalanan panjang dengan kendaraan pribadi itu adalah ceritanya. Ada sejumlah cerita yang kutemui di perjalanan. Aku suka akan cerita. Setiap perjalanan memiliki cerita tersendiri. Perjalanan panjang berarti ada ada makin banyak cerita yang kudapat dan akan kuceritakan kembali.

Konon setiap orang akan menunjukkan karakter aslinya ketika melakukan perjalanan panjang. Bisa jadi ya bisa jadi tidak. Dari sekian banyak perjalanan yang kulakukan bersama orang-orang dekat atau yang baru kenal, biasanya ada drama. Yang biasa rukun, bisa jadi bertengkar karena hal sepele. Ini bisa jadi karena setiap orang merasa lelah dan sedang tak ingin disalahkan.

Kami pernah melakukan perjalanan panjang dengan kejutan-kejutan yang tak menyenangkan. Kendaraan pernah mogok. Di cerita lain kami pernah kehujanan dan baju kami basah kuyup hingga tiba di penginapan. Pernah juga sepanjang perjalanan hujan turun begitu deras sehingga pandangan sangat terbatas di tol. Kami hanya berdoa agar perjalanan lancar.

Cerita-cerita lainnya ada yang tidak enak. Kami bertengkar. Entah kenapa masalahnya, sepertinya saat itu hanya karena kami berbeda pilihan mode transportasi. Kami telah melakukan perjalanan panjang dengan berganti-ganti transportasi dari Jakarta-Semarang-Solo-Dieng-Yogyakarta, dan kami lumayan lelah. Pernah juga kami kemudian berpisah hanya karena aku bosan menunggu kawan-kawan yang terus sibuk berfoto. Akhirnya aku pergi ke destinasi berbeda dengan perjanjian bertemu di tempat tertentu pada jam yang ditentukan. Win-win solution.

Dalam perjalanan kami bertemu teman-teman baru. Ada saat aku bertemu dengan kawan yang kemudian menjadi sobat karibku hingga saat ini. Aku juga banyak mendapat wawasan baru juga perspektif yang berbeda.

Aku hendak kembali melakukan perjalanan panjang. Yang paling kuberatkan adalah kucing-kucingku. Moga-moga mereka tenang dan tidak sedih kutinggal lama. Makanan dan minuman mereka kumintai ke pak satpam untuk membantuku mengurusnya.

Perjalanan panjang mendatang semoga berjalan lancar dan menyenangkan. Jikapun ada kejutan semoga bukanlah yang buruk.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 5, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: