Cerita-cerita Melintasi Trans Jawa, Jakarta-Malang

Perjalanan memberikan buah tangan berupa cerita. Kisah-kisah itu berwarna-warni, antara suka dan duka, juga di antaranya atau kombinasinya. Berikut cuplikan kisahku dalam melakukan perjalanan panjang kali ini.

Ini perjalanan darat kesekian yang kami lakukan. Tahun lalu sebagian tol dari Semarang hingga Malang masih berupa tol fungsional. Tak berbayar alias cuma-cuma. Ketika kami melintasinya kami pun tertegun. Tarif tolnya kemahalan. Totalnya lebih dari Rp 700 ribu dari Jakarta hingga Malang. Bersama bensin, tarifnya menyamai naik kereta api jika penumpangnya hanya dua orang.

Wah mahalnya kami jadi berpikir ulang jika nanti membawa kendaraan untuk pulang ke kampung halaman. Sisi plusnya kami bisa kemana saja dan waktunya pun fleksibel. Dan di sinilah biasanya muncul cerita-cerita yang menarik.

Dari Semarang menuju Surabaya kini bisa ditempuh hanya sekitaran lima jam. Di sini penerangan tolnya kurang terang. Jika tidak ada teman kendaraan lainnya terasa sepi.

Oh ya sebelum dan setelah gerbang keluar Palur, setelah Solo, dua kali kami membaui aroma yang busuk dan tajam. Aku tak tahu apalah memang tol di sekitar kawasan itu memang beraroma kurang sedap karena pembuangan limbah atau ada ‘makhluk lain’ yang sedang lewat. Kami pun kemudian berdoa. Aroma itu kemudian menguar dan lenyap.

Tol Ngawi hingga Semarang jika terang itu indah karena berlatar panorama pegunungan. Demikian juga dengan tol Surabaya menuju Malang.

Tentang rest area, dari Kertosono menuju Surabaya tempat peristirahatannya bagus-bagus. Rest area km 678 memiliki landscape dan desain masjid yang apik. Duduk-duduk di sini sekedar meregangkan badan seusai berkendara itu menyenangkan.

Perjalanan juga tak lengkap tanpa menjajal makanan. Kami mencicipi bebek Madura yang sedap, bebek Sinjay dan bebek Songkem. Oh bebek Songkemnya ini unik karena seperti pepes yang pedas. Enak sekali disantap dengan nasi putih hangat. Aku langsung cepat menyantapnya hingga tuntas. Sedangkan bebek Sinjay itu yang menarik adalah penyajiannya yang cepat dan tampilannya yang menggoda selera.

Masih banyak cerita lainnya. Perjalanan itu  bagiku memang penting bagi kesehatan jiwa dan menambah cerita.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 14, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: