Ayam Bakar Sawah yang Sedap dan Hemat

Menu masakan ayam mungkin bukan sesuatu yang baru. Tapi bagaimana jika ayam tersebut disajikan dengan penyajian dan menu beragam, dari ayam bakar, ayam kemangi, atau ayam geprek dengan pilihan dua sambal, sambal matah dan sambal bawang. Harganya juga murah meriah, rata-rata Rp 10 – 16 ribu. Nama tempat makannya adalah “Ayam Bakar Sawah”.Saat ke Malang aku ingin mencobai Ayam Bakar Sawah. Aku ingin mencobai ayam bakar dan sate tempe, alias tempe bakar. Eh gayung pun bersambut. Aku mendapat kiriman ayam bakar dengan ukuran yang cukup lumayan besar.

Melihat ukurannya aku sebenarnya agak was-was. Wah apakah bumbunya meresap? Ternyata bumbunya meresap hingga di bagian dalamnya. Tidak hanya di bagian kulitnya saja. Sambalnya juga manis dan pedasnya pas.

Sedangkan tempe bakarnya tampil menarik dengan ditusuk seperti sate. Tempe bakarnya dipotong dadu sekitar 2 cm x 2 cm dengan warna kuning kecokelatan. Rasanya gurih, manis, dan nikmat. Kedua menu ini disantap dengan nasi hangat bikin langsung ingin nambah nasi lagi.

Bagi yang kurang suka ayam bakar, juga bisa memilih menu ayam kemangi yang memiliki aroma khas kemangi yang segar. Pembeli bisa memilih mau ayam kemangi yang biasa atau yang pedas. Ayam geprek juga tersedia.  Untuk menu paket, ayam-ayaman ini disajikan dengan selada air, irisan mentimun, juga urap-urap dan tentunya plus nasi.

Urap-urap itu aneka sayuran, seperti tauge dan kacang panjang yang diberi topping kelapa muda parut yang telah dibumbui. Rasanya itu gurih, manis, dan agak pedas. Enak deh. Biasanya aku suka mencari jenis salad ini karena rasanya yang unik dan nikmat.

Oh iya Kalian juga bisa memilih sambal matah atau sambal bawang. Sambal matah ini berbeda dengan sambal bawang yang halus dan bercampur rata. Sambal matah itu bahan-bahan sambalnya diiris. Cabe rawit, tomat, dan kemangi diiris tipis-tipis lalu bisa digoreng sebentar atau disiram minyak goreng panas. Rasanya segar dan pedas.

Menu ikan bakar juga tersedia. Pilihannya, ikan lele, ikan nila, dan ikan  mujair. Untuk ikan bakarnya ini aku belum bisa berkomentar, karena belum mencicipinya.

Penjual dan pemilik Ayam Bakar Sawah ini sepupuku hehehe. Namanya Yanti dan Dodo. Keduanya baru merintis usaha ini sekitar beberapa bulan yang lalu. Dan syukurlah usahanya mendapat sambutan hangat, cukup banyak yang datang untuk bersantap langsung di kedainya yang terletak di pinggir sawah, atau memesannya secara daring.

Masakan ini disiapkan sendiri oleh Yanti dan ibunya. Bahan-bahannya segar dan bumbu urapnya disiapkan dan diuleg secara tradisional oleh ibunya.  Kalian bisa datang langsung ke kedainya di Jl. Kiyai Yusuf, Tasikmadu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Biasanya buka sejak pukul 10.00 hingga pukul 17.00. Atau juga bisa memesannya ke 0822-5777-8127.

Berikut daftar harganya:
* Ayam Bakar Paket Jumbo: 16 rb
* Ayam Bakar Paket Hemat: 11rb
* Ayam Kemangi Pedes Jumbo: 16rb
* Ayam Kemangi Paket Hemat: 11rb
* Paket Ikan Bakar (Mujaer/Nila): 16rb
* Paket Lele Bakar: 10rb
* Urap-urap: 3rb
* Tempe Bakar: 2rb
* Paket Ayam Geprek sambal matah: 10rb
* Paket Ayam Geprek sambal bawang: 10rb

* Untuk pemesanan
Kemasan foam + 1.000
Kemasan kotak + 2.000

Koleksi gambar: Yanti/Ayam Bakar Sawah

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 17, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: