Menyusun Buku dan Idenya

Sudah lama aku tak membuat sebuah buku. Beberapa kali aku mengikuti proyek membuat buku tapi memang sudah lama tidak sebagai penulis solo, melainkan penulis buku keroyokan. Terpikir untuk kembali menulis. Membuat sebuah buku kompilasi cerita pendek?

Kemarin aku bersemangat mengumpulkan tulisan-tulisanku yang pernah kuunggah di blog, baik di blog Kompasiana dan blog pribadi ini. Rupanya ada beberapa tema yang menarik yang bisa kuseriusi menjadi sebuah buku. Karyanya juga sudah cukup banyak, tinggal kutambahkan beberapa tulisan dan kupoles. Jika ingin cepat dicetak maka bisa kugunakan jasa penerbitan cetak mandiri dan nantinya kujual sendiri.

Ada beberapa tema yang bisa kugunakan sebagai sebuah buku. Yang pertama adalah koleksi cerpenku, kemudian tentang puisi-puisi, juga tentang pustaka kuliner, kritik film, ketika jalan-jalan ke sana ke sini, kemudian tentang blog dan menulis dan terakhir dan yang ini cukup banyak adalah ceritaku tentang kucing. Yang terakhir ini bisa jadi dua buku karena ada yang lebih ke cerpen dan ada yang sifatnya personal. Wah kalau aku serius bisa jadi delapan buku. Aku juga bisa menulis tentang pekerjaanku.

Misalkan aku bisa menyelesaikannya setiap bulan satu buku maka dalam setahun bisa jadi 12 buku. Wah aku jadi bersemangat. Setahun dua buku saja rasanya sudah luar biasa.

Membuat buku dari tulisan di blog sepertinya memang ide yang menarik. Tapi biar berbeda maka tentunya perlu dirapikan dan ditata lagi agar bisa jadi rangkaian cerita yang menarik.

Omong-omong bagaimana jika proyek buku soloku ini tentang kumpulan cerita pendek tentang kucing-kucing? Sekitar 30 cerita atau lebih. Kira-kira Kalian tertarikkah?

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 24, 2019.

4 Tanggapan to “Menyusun Buku dan Idenya”

  1. jejak dulu,,

  2. Tertarik banget. Kebetulan aku penyuka kucing, dan orang bilang aku peternak kucing 😂 Asal infoin aja kak nanti kalau sudah terbit bukunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: