“Yesterday”, Bagaimana Jika Beatles Tak Pernah Ada?

Yesterday, all my troubles seemed so far away
Now it looks as though they’re here to stay
Oh, I believe in yesterday

Suddenly, I’m not half the man I used to be
There’s a shadow hanging over me
Oh, yesterday came suddenly

Siapa yang tak kenal lagu beken karya The Beatles ini.yang berjudul “Yesterday?” Tapi bagaimana jika memang tak ada yang benar-benar mengetahuinya karena sebuah peristiwa.

Adalah Jack Malik (Himesh Patel) yang terkejut menyadari kawan-kawannya tak mengenal lagu “Yesterday”. Semua ini berawal dari rasa putus asanya tak kunjung sukses di dunia tarik suara dan kemudian malangnya ia tertabrak bus ketika naik sepeda.

Ia kemudian menginterogasi sahabat dan manajernya, Ellie Appleton (Lily James). Rupanya ia tak bohong dan tak tahu sama sekali tentang Beatles dan lagu-lagunya. Maka ia pun browsing internet dan memang tak ada laman yang menginformasikan band dan lagu-lagunya tersebut. Maka sejak itu Jack memainkan lagu-lagu Beatles.

Nasibnya berubah ketika Ed Sheeran menghubunginya. Ia tertarik dengan penampilannya di teve lokal lalu mengajaknya membuka penampilannya di Moscow. Atraksinya kemudian mengundang seorang manajer label besar.

Tapi sayang ketika ia sedang menuju kesuksesan Ellie enggan menemaninya sebagai manajer. Rupanya ada sesuatu yang disembunyikan Ellie selama ini. Selain itu, ada orang lain selain dirinya yang tahu tentang Beatles. Bagaimana nasib Jack selanjutnya?

Mungkin ada spoiler, tapi kuupayakan minim.

Menurutku cerita “Yesterday” ini menarik, di mana Jack seolah-olah ditarik ke dunia alternatif. Ada beberapa hal yang tak ada di dunia tersebut setelah kejadian blackout. Tapi sayangnya sutradaranya tidak total dalam menggarap cerita fantasi ini. Ia memberikan anomali dengan kehadiran dua orang yang seperti Jack tanpa menjelaskan fenomena yang terjadi.

Ceritanya lumayan apik dan suara pemeran Jack, Himesh Patel, juga lumayan enak didengar. Namun lagu-lagu Beatles seperti “Help”, “I Wanna Hold Your Hand”, “Yesterday”, dan “She Loves You” bukan sekedar lirik dan kunci. Lagu ini menjadi kurang bermakna seperti tanpa ruh ketika dibawakan Jack Malik. Seolah-olah Beatles hanya orang-orang yang pandai menciptakan lagu dan Jack Malik hanya perlu menyanyikannya agar terkenal.

Bagian terburuk dalam film ini menurutku ketika Ellie mengungkapkan perasaannya. Setelah itu ceritanya bergulir ke hal-hal yang klise.

Untungnya penampilan Lily James di sini apik dan patut diapresiasi. Film musikal juga memiliki daya tarik tersendiri. Dalam film ini juga ada kemunculan Ed Sheeran yang menjadi dirinya sendiri.

Detail Film:
Judul: Yesterday
Sutradara: Danny Boyle
Pemeran: Himesh Patel, Lily James, Ed Sheeran
Genre: drama musikal
Skor: 6,5/10
Gambar: IMDb/Universal Pictures

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 29, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: