Aku Kuatir Musik Rock Bakal Tidak Eksis?

Barusan aku membaca sebuah komentar di artikelku tentang musik EDM. Daripada musik EDM ia lebih kuatir apabila musik rock yang bakal punah. Memang musik rock saat ini tidak begitu terdengar. Ia kalah dengan lagu-lagu dangdut atau lagu yang populer dari YouTube dan sebagainya. Tapi benarkah musik rock mulai memudar?

Sejak tidak ada acara musik yang memutar lagu-lagu terkini maka informasi lagu yang hits kebanyakan dari radio, YouTube, dan juga Spotify. Tapi memang agak susah mendeteksi lagu-lagu rock dibandingkan musik pop karena pendengarnya lebih terbatas jika dibandingkan genre pop dan EDM.

Tapi aku masih optimis musik rock masih eksis. Apalagi jagoan rock seperti Slipknot dan Korn masih aktif membuat album dan melakukan konser. Oh iya Slipknot bakal manggung Maret 2020 di Jakarta lho. Buruan beli tiketnya soalnya makin dekat hari H makin mahal. Bintang rock gaek seperti Metallica, Helloween, Megadeth dkk juga masih rajin melakukan tur. Meski ya begitu infonya tenggelam jika dibandingkan genre lainnya.

Di Indonesia konser musik rock lebih anyep dibandingkan festival musik lainnya. Dulu ada Jakarta Rockinland tapi sudah lama tak terdengar. Kemudian baru beberapa tahun terakhir muncul festival musik metal bernama Hammersonic. Pengisi acaranya lebih cadas. Banyak band metal dan band rock underground yang tampil. Juga ada bintang tamu dari musisi mancanegara. Sebenarnya ada lagi festival musik lainnya yang campur aduk seperti “Hodgepodge” dan “Synchronize” di Jakarta. Soundrenaline juga masih ada, berpindah-pindah kota.

Memang musik rock di Indonesia saat ini kurang bergaung tapi masih eksis. Aku beberapa waktu lalu menyaksikan konser Metallica di bioskop dan studionya hampir penuh, menyisahkan dua deret terdepan.

Kembali ke musik rock dunia, aku mencoba melihat Top Rock Songs yang dirilis oleh Billboard. Posisi pertama diisi oleh Panic! At The Disco dengan judul lagu “High Hopes”. Eh kok musiknya cenderung pop disko ya, sentuhan musik rocknya tidak terdengar. Kemudian ada nama Imagine Dragons yang dulu kondang dengan tembangnya “Radioactive”. Mereka masuk tangga lagu bergengsi tersebut dengan tembang berjudul “Believer”. Hemmm menurutku lagunya biasa saja. Kurang cadas. Lalu ada “Blurryface milik Twenty One Pilots, musiknya seperti campuran rap dan EDM. Juga kurang enak di telinga, biasa saja. Apakah memang terjadi penurunan kualitas musik rock?

Gambar Slipknot dari web Hammersonic

~ oleh dewipuspasari pada November 16, 2019.

2 Tanggapan to “Aku Kuatir Musik Rock Bakal Tidak Eksis?”

  1. Meski aku gak bnyak tahu dan ngikutin music rock, tp asyik baca ulasannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: