“Sinema Indonesia Apa Kabar?” Proyek Bukuku Tahun Ini Telah Terbit

Sebagai blogger rasanya menyenangkan apabila ada tulisan-tulisan kita yang dibukukan meskipun sifatnya baru buku keroyokan dan diterbitkan secara mandiri. Tahun ini aku mengikuti tiga proyek buku. Baru satu yang resmi terbit, yaitu proyek buku tentang opini perfilman berjudul “Sinema Indonesia, Apa Kabar?”

Sebenarnya proyek buku ini inisiatif dalam rangka memeringati hari jadi KOMiK, komunitas film di Kompasiana. Pada 8 Agustus lalu KOMiK resmi berulang tahun kelima, usia yang cukup matang bagi sebuah komunitas. Aku bersyukur hingga saat ini masih banyak anggota lawas yang loyal dan juga muncul wajah-wajah baru di komunitas yang potensial.

Buku ini terdiri dari 30 tulisan dari para KOMiK’ers, sebutan bagi anggota KOMiK. Temanya adalah opini apa saja tentang film Indonesia.

Perlu waktu agak lama untuk membaca satu-persatu isi tulisan dan menyesapi pesan yang ingin disampaikan oleh tiap penulis. Aku mencoba untuk berada di posisi tiap penulis, sebelum kemudian mengelompokkannya ke empat subbagian.

Bagian yang susah adalah memilah tulisan kemudian mengurutkannya sehingga tiap tulisan ada terasa benang merahnya. Tema besar tentang sinema Indonesia juga kuupayakan muncul di tiap tulisan.

Sudah lama aku tak berada di posisi editor. Terakhir menjadi editor pada tahun 2010 ketika membidani majalah internal perusahaan dan mengelola website perusahaan. Ada tantangan tersendiri menjadi editor, berkaitan dengan tema tiap edisi majalah dan juga meresapi tulisan yang akan ditampilkan. Terkadang aku harus mewawancarai si penulis beberapa kali untuk mengetahui apa yang sebenarnya ingin ia sampaikan. Dalam sebuah tulisan kadang-kadang paragrafnya kuubah urutannya. Kadang-kadang jika terpaksa, aku melakukan parafrase alias penulisan ulang.

Ada beberapa tulisan dalam buku ini yang membuatku takjub, merenung, dan kemudian terinspirasi untuk membuat even dan proyek riset kecil-kecilan pada masa mendatang. Pada dasarnya semua tulisan memiliki daya tarik masing-masing sesuai selera pembacanya.

Meski pekerjaan membuat buku ini lumayan menyita waktuku, aku merasa puas. Aku senang mendapat banyak bantuan dari mas Nurul selaku COO Kompasiana yang bersedia membuat kata pengantar. Ia juga yang memberikan mandat ke staf Kompasiana untuk membantuku membuat desain cover yang menarik.

Aku juga sangat terbantu dengan Linda yang membantuku menghubungi penerbit yang bagus dengan harga yang tidak begitu mahal karena proyek buku ini sifatnya masih mandiri belum ditawarkan ke penerbit besar. Noval juga membantuku untuk proof reading saat buku sudah menjadi dummy.

Aku tak bisa melakukannya sendirian. Aku sangat berterima kasih ke para penulis dan juga ke KOMiK’ers. Memang buku kali ini belum sempurna, ke depan aku punya ide yang lebih gokil. Ada dua ide proyek menulis, di mana satu buku perlu melakukan riset kecil-kecilan dan lainnya berkaitan dengan opini pribadi. Tunggu ya.

Buku ini dijual Rp 50 ribu. Kalau aku bikin giveaway di twitter, kira-kira ada yang tertarik nggak ya?๐Ÿ˜€๐Ÿ˜†

~ oleh dewipuspasari pada November 24, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: