Kisah Ratu Inggris dan Pembisiknya dalam “The Favourite”

Film “The Favourite” tahun lalu menyita perhatian karena banyak meraih nominasi Oscar, 10 nominasi. Tapi kemudian film ini harus mengakui keunggulan film-film lainnya yang tak kalah berkualitas seperti “Vice”, “Bohemian Rhapsody”, “Green Book”, “Roma”, dan “A Star is Born”. Ia hanya berhasil meraih satu Oscar lewat aktris terbaik yang diraih oleh Olivia Colman yang berperan sebagai Ratu Anne. Seperti apa sih kisah Ratu Inggris tahun 1700-an ini?

Pada tahun 1700-an setelah melalui berbagai tragedi akhirnya Anne naik tahta menjadi seorang ratu. Ia sebelumnya mengalami periode berat sebagai seorang istri dan ibu. Suaminya meninggal dan karena kesehatannya anak-anaknya tak berumur panjang.

Oleh karena alasan kesehatan dan minat, Ratu Anne (Olivia Colman) mulai tak tertarik mengurusi urusan kerajaan dan pemerintahan. Perhatiannya tersita kepada hewan-hewan peliharaannya, 17 ekor kucing yang dianggapnya sebagai pengganti anaknya.

Alhasil urusan pemerintahan lebih banyak dikerjakan oleh Lady Sarah Churchill alias Lady Malborough (Rachel Weisz), yang merupakan sahabatnya. Ia sering memengaruhi keputusan Ratu Anne membuat kalangan oposisi merasa sebal.

Ia memengaruhi Ratu untuk menyerang Prancis, menaikkan pajak tanah, dan merombak kabinet. Pihak oposisi dipimpin Robert Harley (Nicholas Hoult) berupaya mengubah persepsi sang Ratu sebelum ia memutuskannya. Ia berdalih rakyat akan marah dan Ratu menciptakan musuh baru yaitu rakyatnya sendiri.

Di tempat lain ada Abigail Hill (Emma Stone) yang seorang pelayan. Ia dicambuk tapi kemudian Sarah mengenalinya sebagai sepupunya yang mengalami tragedi. Ia dijual oleh ayahnya sendiri karena judi padahal ia dulu juga seorang Lady. Sarah kemudian menjadikannya pelayan pribadinya. Tapi kemudian Abigail berupaya keras agar Ratu Anne menyukainya hingga kemudian terjadi persaingan antar kedua sepupu ini. Persaingan mereka terlalu jauh.

Film-film tentang konspirasi di dalam sebuah kerajaan jika diperhatikan akhir-akhir ini cukup banyak. Baik yang terjadi di dalam kerajaan Eropa maupun di Asia. Kisah-kisah mengerikan dan skandal yang aneh memberikan bumbu dalam kehidupan di istana dan kastil. Adakalanya hal-hal politis berkaitan dengan skandal dan persaingan.

Melihat film ini aku jadi ingat film “The Other Boleyn Girl” dan film-film tema kerajaan yang juga membahas tentang persaingan orang-orang dekat ratu. Mereka melakukan apa saja agar orang nomor satu tersebut mendengar bisikannya termasuk yang berkaitan dengan urusan pemerintahan.

Film “The Favourite” itu jenis komedi satir. Ceritanya menyebalkan, kedua orang yang bersaing sama-sama tak bisa diberi simpati penonton.

Namun, harus diakui film ini berseni. Kostumnya indah dan detail. Para pria bangsawan masa itu masih suka mengenakan rambut wig panjang seperti perempuan. Dan yang paling patut diapresiasi adalah akting ketiga pemeran wanita, Olivia, Rachel, dan Emma. Ketiganya solid dan berperan apik.

Detail Film:
Judul: The Favourite
Sutradara: Yorgos Lanthimos
Pemeran: Olivia Colman, Rachel Weisz, Emma Stone, Nicholas Hoult, James Smith,
Genre: Drama, sejarah
Skor: 7.5/10
Gambar: IMDb

~ oleh dewipuspasari pada Desember 1, 2019.

2 Tanggapan to “Kisah Ratu Inggris dan Pembisiknya dalam “The Favourite””

  1. Agak mengerikan ceritanya. Penuh dg perilaku psiko…😅

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: