“Jumanji:The Next Level”, Duo Bintang Gaek Bikin Menghibur

Film “Jumanji:The Next Level” masih banyak diputar di layar bioskop, bersaing dengan “Frozen 2”. Dibandingkan film sebelumnya, “Jumanji 2” ini tampil lebih baik, baik dari sisi cerita yang lebih kompleks, tambahan dua karakter yang menghibur, dan sisi petualangannya yang lebih menantang. Seperti apa kisahnya?

Latar waktu dalam film ini sekitar 1-2 tahun pasca even di film “Jumanji: Welcome to The Jungle”. Dikisahkan keempat tokoh dalam film pertama, Spencer (Alex Wolff), Fridge (Ser Darius Blain), Martha (Morgan Turner), dan Bethany (Madison Iseman) masih berkawan akrab meskipun masuk ke kampus yang berlainan. Hubungan Martha dan Spencer memburuk karena Spencer merasa hubungan jarak jauh begitu sulit. Ia juga sedang dalam masa-masa galau karena tugas kuliah dan pekerjaannya.

Ketika berlibur ke kampung halamannya, Spencer mengetahui rumahnya sedang mengalami perubahan. Ada kakeknya yang cerewet, Eddie (Danny DeVito) tinggal sekamar dengannya. Ketika ia besok seharusnya berkumpul dengan temannya, ia malah menuju bawah tanah. Rupanya di sana ia menyimpan sisa permainan Jumanji. Ia ingin kembali merasakan petualangan dan berperan sebagai Dr. Smolder Bravestone (Dwayne Johnson) seorang petualang yang tangguh. Rupanya mesin ajaib itu masih berfungsi

Kawan-kawannya yang cemas Spencer tidak hadir pun mendatangi rumahnya. Di sana Eddie sedang bertengkar dengan Milo (Danny Glover), sahabatnya. Mereka tak menemukan Spencer. Lalu mereka terkejut mendapati mesin Jumanji itu masih ada dan hape Spencer ada di bawah tanah. Mereka menduga terjadi sesuatu. Sayang mesin itu rusak dan tiap orang tidak bisa memilih avatar. Tapi terjadi sesuatu, Fridge dan Martha tersedot. Hanya Bethany yang tak bisa masuk.

Mereka muncul kembali dalam sebuah hutan lebat. Ada empat orang di sana, Dr. Smolder Bravestone, Franklin “mouse” Finbar (Kevin Hart) seorang ahli hewan. Profesor Sheldon Oberon (Jack Black) yang pandai membaca peta. Yang terakhir Ruby Roundhouse (Karen Gillan), seorang petarung. Namun mereka diisi oleh orang berbeda. Rupanya Eddie dan Milo ikut terbawa. Keduanya menjadi Smolder dan Franklin. Martha tetap menjadi Ruby sedangkan Fridge menjadi Sheldon.

Kedua kakek itu masih kebingungan dengan apa yang terjadi pada mereka. Keduanya sulit diberitahu. Sementara waktu terus bergulir dan misi harus diselesaikan. Keempatnya harus segera menemukan Spencer dan menyelesaikan misi Jumanji yaitu merebut sebuah batu kehidupan yang dicuri oleh sosok pimpinan kelompok yang brutal.

Filmnya Lebih Berwarna
Awalnya aku tidak begitu tertarik untuk menyaksikannya tapi karena sedang tidak banyak pilihan di bioskop dekat rumah akhirnya aku memilih film ini. Untunglah, filmnya lumayan menarik. Jauh dengan film pertamanya yang standar.

Dalam film sekuelnya ini kedua kakek ini membuat film berwarna. Ulah mereka yang konyol dan pertengkaran mereka yang tak ada habisnya membuat film ini jadi terasa kocak. Untunglah ada kedua Danny yang sudah veteran ini. Danny DeVito beken lewat perannya sebagai Penguin di “Batman”, sedangkan Danny Glover lewat “Lethal Weapon”. Ketika mereka menjadi Smolder dan Franklin, Dwayne dan Kevin juga lumayan bisa meyakinkan mereka ruh kedua kakek itu ada di mereka.

Dari sisi petualangan sebenarnya biasa saja, tapi lebih baik dibandingkan yang sebelumnya. Upaya mempertahankan hidupnya lebih kuat. Level kesulitannya terlihat, seperti dalam judulnya. Seperti ketika kita bermain video game dan kita masuk ke level dua setelah usai menuntaskan misi pada film pertama.

Satu lagi yang menarik adalah unsur fantasinya. Meski tidak banyak tapi dalam film keduanya (film ketiga apabila “Jumanji tahun 1995 juga dimasukkan) unsur fantasinya lebih terasa.

Oh ya nonton sampai akhir ya karena di bagian akhir sebelum kredit ada sesuatu yang bisa jadi petunjuk. Eh musuhnya diperankan ‘The Hound’ dalam Game of Thrones, Rory McCann.

Bagaimana dengan mereka yang belum menyaksikan film sebelumnya? Sebenarnya film ini bisa dinikmati sendiri tapi akan lebih mudah memahami ‘aturan’ dunia Jumanji jika sudah menonton film sebelumnya.

Detail Film:
Judul: Jumanji The Next Level
Sutradara: Jake Kasdan
Pemeran: Dwayne Johnson, Kevin Hart, Jack Black, Karen Gillan, Nick Jonas, Alex Wolff, Morgan Turner, Ser’Darius Blain, Madison Iseman, Awkwafina, Rory McCann,Danny Glover, dan Danny DeVito
Genre: Petualangan, fantasi
Skor: 7/10

~ oleh dewipuspasari pada Desember 9, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: