13 Desember Sebagai Hari Nusantara

Ketika aku memasuki perpustakaan aku disambut dengan peringatan Hari Nusantara. Hari ini, 13 Desember diperingati sebagai Hari Nusantara. Wah apa itu gerangan?

Rupanya Hari Nusantara adalah hari yang penting berkaitan dengan Deklarasi Djuanda. Dalam deklarasi tersebut ditegaskan kembali Indonesia adalah negara kepulauan dengan perairan yang mengelilinginya, yaitu laut di sekitar, di antara, dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI. Sehingga, laut di antara pulau sejauh 3 kilometer bukan merupakan wilayah bebas. Deklarasi ini dilakukan pada tanggal 13 Desember 1957.

Siapakah Djuanda? Djuanda Kartawidjaya adalah perdana menteri Indonesia masa itu. Waktu itu bentuk pemerintahan Indonesia yang saat itu bernama Republik Indonesia Serikat adalah negara federasi, dengan adanya Presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

Sementara itu, penetapan Hari Nusantara baru dihelat pada tahun 2001 setelah dicanangkan oleh Gus Dur pada tahun 1999. Sayangnya sosialisasi tentang hari ini masih kurang. Masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang peringatan hari ini, termasuk aku sendiri.

Omong-omong dengan adanya Hari Nusantara, warga Indonesia diingatkan akan nama lain dari Indonesia yaitu Nusantara. Nusantara terdiri dari dua kata, nusa yang berarti pulau dan antara, atau negeri kepulauan. Potensi Indonesia yang berupa negeri kepulauan ini besar dengan tiap pulau punya ciri khas tersendiri, bentang alam yang indah dan garis pantai yang panjang. Indonesia juga memiliki potensi kekayaan laut yang besar di mana energi gelombang juga bisa menjadi alternatif.

Selamat hari nusantara🙂

Gambar: esdm

~ oleh dewipuspasari pada Desember 13, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: