Harapan Itu

Tahun 2019 dalam hitungan hari akan berganti menjadi tahun 2020, tahun yang baru. Tahun ini aku mengalami banyak hal, semuanya terasa cepat berlalu. Baik sesuatu yang terang maupun kelabu, semuanya memberikan makna bagiku.

Ada kekecewaan dan ada kebahagiaan. Itulah hidup dan itu wajar. Saat di posisi atas, kita disadarkan bahwa gembira berlebihan tidak patut, apalagi jika terus dipamerkan. Pasalnya hal tersebut tak akan berlangsung lama. Nikmatilah momen tersebut dan kemudian jalanilah hari seperti biasa.

Demikian ketika kita berada di bawah. Hal ini seringkali membuat kita merasa lemah dan kecewa. Tapi hal ini juga tak akan berlangsung selamanya. Rasakan dan hayati momen pahit tersebut agar kejadian itu tak terulang kembali.

Kejadian manis dan pahit. Ia hadir silih berganti. Jika kupikir-pikir tahun ini agak sedikit lebih pahit daripada manis. Aku menangis, aku sedih, tapi selebihnya aku juga tertawa kecil.

Aku baik-baik saja. Dan sebaiknya aku berani dan harus berani untuk menutup tahun ini dengan manis. Sesuatu yang benar-benar aku.

Memang tak semua resolusi yang kususun mulus dan berhasil terwujud. Tapi ada beberapa hal yang kuraih dan itu bukan sesuatu yang begitu buruk.

Ya mungkin seperti tahun sebelumnya aku juga akan menyusun resolusi. Resolusi itu memberikan harapan, melahirkan tekad dan semangat untuk mewujudkannya.

Aku tak tahu apa yang akan terjadi tahun depan. Yang bisa kukontrol adalah saat ini. Besok, lusa, ataupun tahun baru biarlah baru menjadi rencana.

~ oleh dewipuspasari pada Desember 19, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: