Lima Gelombang Penyerangan yang Mematikan

Film ini telah beberapa kali diputar di stasiun televisi. Aku tertarik menyaksikannya karena pemerannya Chloe Grace Moretz, si vampire cilik cantik yang menarik perhatian dalam “Let Me In”. Kini ia   telah beranjak dewasa. Film ini sendiri dirilis tahun 2016 dan sayangnya banyak mendulang kritikan pedas

Premise dalam “The 5t Wave” ini menarik dan membuat penasaran. Ceritanya tentang penyerbuan bangsa alien dengan melalui lima gelombang, dimulai dari mematikan semua perangkat yang tersambung dengan listrik, kemudian banjir bandang dan bencana alam lainnya.

Gelombang berikutnya adalah wabah penyakit semacam flu burung dan pembunuhan terhadap kaum dewasa. Baru pada tahapan berikutnya adalah sesuatu yang makin tak terduga dan menimbulkan rasa saling curiga.

Dikisahkan Cassie Sulivan (Chloe Grace Moretz) di sebuah hutan mendengar seseorang minta tolong. Karena diwarnai rasa curiga, ia tak sengaja malah melukai pria tersebut. Cerita kemudian flashback di mana alien yang disebut the other mulai meluncurkan serangan demi serangan yang melumpuhkan aktivitas di bumi dan membunuh banyak manusia. Kembali ke masa kini, ia dipisahkan dari adiknya dan ayahnya dibunuh.

Ceritanya memiliki potensi untuk berkembang dan menjadi teror yang mengerikan. Apalagi Cassie dan adiknya terpisah dan kemudian harus menemukan cara untuk menyelamatkan diri. Tapi entah kenapa ada sesuatu yang gagal dalam eksekusi cerita ini. Kehadiran seseorang yang misterius dan munculnya benih cinta malah terasa dipaksakan.

Plot cerita terasa kedodoran. Banyak elemen yang terasa kurang. Dari sisi aliennya sendiri juga terasa kurang wah.

Padahal ide tahapan serangan ini menarik dan memacu rasa penasaran. Saat ini manusia urban sudah menggantungkan diai pada alat elektronik sehingga ketika listrik mati berhari-hari bisa menjadi sumber kekacauan. Begitu pula jika terjadi bencana alam besar. Selain infrastruktur hancur, manusia juga banyak menjadi korban.

Serangan ketiga ini mirip dengan kondisi saat ini yaitu wabah penyakit. Penyakit dalam film ini juga sama, avian flu atau sejenis flu burung yang menyerang pernafasan.

Sayangnya serangan berikutnya terasa antiklimaks. Yang lagi membuat minus film ini yaitu kurangnya gambar yang sinematik tentang kedatangan para alien dan kurang nampaknya suasana yang distopia dan serba chaos. Agak disayangkan karena film ini sebenarnya potensial.

Detail Film:
Judul: The 5th Wave
Sutradara: J. Blakeson
Pemeran: Chloe Grace Moretz, Ron Livingston, Maria Bello, Nick Robinson, Liev Schrieber, dan Maggie Shiff
Genre: Fiksi sains
Skor: 5/10

~ oleh dewipuspasari pada Maret 12, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: