Awalan dan Harapan

Aku tak tahu apakah ada kaitan antara tahun tikus dan bencana. Tikus dikenal sebagai hewan yang bisa hidup di tempat kotor. Wabah pes juga disebut sangat berbahaya. Mudah-mudahan itu tidak benar, hanya kebetulan.
Aku hampir percaya di dunia ini tidak ada yang kebetulan. Umumnya ada sebab dan akibat. Kebakaran hutan selain karena hawa panas juga dikarenakan kecerobohan manusia. Banjir juga ada turut andil manusia. Kondisi saat ini berupa pandemik juga ada unsur dari manusianya, karena ia makhluk yang bergerak, sehingga wabah dari satu tempat mudah berpindah ke tempat lain.

Tiga bulan pertama tahun 2020 dibuka dengan bencana. Dari kebakaran hutan di Australia yang sungguh parah membuat siapapun trenyuh melihat nasib para flora dan fauna yang menjadi korban. Disusul dengan banjir yang menimpa warga Jabodetabek, juga banjir bandang,tanah longsor, gempa bumi dan sebagainya di berbagai daerah.

Belum kering air mata, wabah Covid-19 pun membuat was-was. Membuat ngeri juga memicu kondisi negeri menjadi resesi.

Tertutup oleh kabar pandemik ini, masih ada kebakaran hutan di Riau, juga ada korban banjir yang kembali mengalami nasib naas berulang. Di daerah Afrika Timur juga terjadi bencana berupa serangan belalang yang mengerikan. Kasihan.

Ada lagi kabar akan datang asteroida pada bulan April dan Mei. Semoga tidak singgah ke bumi.

Ketika terjadi sesuatu yang buruk biasanya ada sesuatu yang bisa kita tarik pesannya. Dari bencana berturut-turut ini kita disadarkan betapa kecilnya manusia dan tak berdayanya ia jika dibandingkan dengan kekuatan alam.

Uang dan harta melimpah tak ada artinya jika kesehatan kita terancam dan lingkungan kita juga binasa. Kita juga disadarkan bahwa kenapa hari ini disebut present atau hadiah dan harus selalu kita syukuri tiap momen di dalamnya karena besok, lusa, dan mendatang diwarnai oleh serba ketidakpastian. Kita tidak tahu nasib kita mendatang.

Kita tidak tahu apakah bulan depan masih bisa bekerja atau perusahaan kita kalah dan bangkrut. Tapi seburuk apapun kondisi selalu ada harapan.

Yuk berdoa bersama agar kondisi buruk ini segera berlalu. Mari bergandengan tangan memberikan donasi agar Corona segera menghilang. Tetaplah jaga kesehatan diri dan tetaplah optimis Indonesia akan kembali bangkit dan semakin kuat setelah semua bencana ini ditepis.

Masih ada matahari. Harapan itu menyinari langkah kita untuk optimis dan terpacu untuk selalu memberikan kontribusi ke sekeliling.

~ oleh dewipuspasari pada Maret 19, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: