Hobi dan Kegiatan Ini Ternyata Dibayar

 
Siang-siang aku tergoda untuk membuka Pinterest. Biasanya aku suka mengeksplor bagian kepribadian, terutama INFJ-a. Tapi hari ini aku tertarik topik lain, tentang hal-hal yang bisa menjadi sumber pemasukan pada masa work from home ini. Aku tersenyum ketika mendapati temuanku, tak hanya hobi menulis yang bisa mendapatkan uang.
Kamu hobi mendongeng, membaca buku, dan mendengarkan musik? Jika ya, cobalah tersenyum lebar. Pasalnya tak hanya hobi menulis yang bisa menghasilkan duit di dunia maya, tapi juga hobi-hobi yang lain.

Bagi yang suka bercerita maka ia bisa membuat podcast. Ia bisa bercerita apa saja, baik yang lucu, santai atau yang serius seperti membahas politik. Ada beberapa situs atau apps yang bersedia membayar para si pencerita, seperti Anchor.

Nah bagi yang suka membaca, ada aplikasi pembaca berita yang memberikan poin yang bisa ditukar dengan uang juga mencapai nominal tertentu. Salah satunya Cashzine. Aku pernah mencobanya tapi kemudian ku-uninstall karena bikin terdistraksi dan pusing kebanyakan aplikasi. Dulu karena aku malas mencari refferal maka aku hanya dapat sepuluh ribuan per bulan. Kawanku yang rajin bisa mendapat ratusan ribu hingga satu juta.

Bagi yang suka membaca novel dan ragam buku lainnya ada aplikasi yang bersedia membayar menjadi pengulas buku yang bisa bersikap obyektif. Tapi baru ada dalam bahasa Inggris. Di antaranya Kirkus Media dan Any Subject Books. Aku belum mencobanya, tapi aku sungguh tertarik untuk merasakan pengalaman ini.

Nah bagi yang gemar banget mendengarkan musik, juga ada lho website yang mau memberikan Kalian duit asal mau mendengarkan musik. Nilainya tidak besar sih tapi tentunya menyenangkan. Salah satu website tersebut adalah Musicxray.

Ada lagikah? Yang doyan memotret bisa menjual hasil fotonya ke Shutterstock. Yang gemar menari bisa mencoba menjadi endorser di TikTok dan Youtube.

Selain hobi, ada juga kemampuan dan kegiatan lain yang dibayar atau dapat poin yang bisa ditukar voucher atau hadiah. Di antaranya mengisi survei, melakukan translate, menjadi user testing untuk website atau aplikasi tertentu, menonton video, dan masih banyak lagi.

Dulu akun Quora Indonesia awal-awal bisa di-monetize oleh mereka secara random. Kawanku yang rajin mencobai aplikasi berbayar mendapatkan rejeki tersebut. Ia masuk ke dalam akun yang dapat monetize. Uniknya yang dibayar bukan yang menjawab pertanyaan tapi pertanyaan. Yup jika sebuah pertanyaan mengundang banyak perhatian dan jawaban maka ia akan dapat duit lebih banyak. Hehehe menarik ya. Tapi aku sampai saat ini belum tertarik lagi menjadi penanya dan penjawab, tapi masih suka membaca-baca jawaban yang unik di Quora.

Nah lakukan hobi Kalian dengan penuh cinta. Pastinya senang melakukan hobi dan dibayar. Kalau menulis bagaimana? Hemmm karena aku belum me-monetize blog maka aku hanya dapat K-rewards dari Kompasiana. Besarannya tergolong kecil karena pembaca tulisanku tidak begitu banyak. Paling-paling berkisar Rp 50 rb hingga Rp 400rb per bulannya. Tapi menurutku tetap menyenangkan karena mendapatkan duit dari hobi itu adalah bonus.

Yang agak lumayan lagi adalah hasil review film dan makanan di apps Recome. Tulisan ulasannya berbahasa Indonesia dan hanya sekitar 500 karakter untuk ulasan film. Jika rajin menulis 1 tulisan per hari maka aku bisa dapat Rp 50 ribu atau lebih yang bisa kutukar dengan pulsa atau voucher belanja. Lumayan juga. 

Gambar dari pexels

~ oleh dewipuspasari pada April 9, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: