Cinta Kembali Hadir Meski Kenangan Mati dalam “Eternal Sunshine of The Spotless Mind”

Joel Barish seorang pria yang pendiam dan introvert. Suatu ketika ia merasa harinya begitu buruk dan ia memutuskan hari itu untuk kabur dalam rutinitasnya. Alih-alih bekerja di kantor, ia meminta ijin tak masuk kerja, lalu pergi ke sebuah pantai di Montauk dengan naik kereta. Ia lalu berjumpa dengan Clementine, seorang gadis ceria dan impulsif, yang karakternya bertentangan dengan dirinya.

Gadis itu mengira ia membuntutinya. Ketika ia merasa pemuda itu aman, maka ia mengajaknya berkenalan dan mengobrol. Ia memang pemuda yang tak banyak bicara. Pilihan kata-katanya pun terbatas. Tapi keduanya rupanya cocok. Si pendiam dan si impulsif. Hingga suatu ketika ada sesuatu yang terjadi.


Ketika hendak menyerahkan hadiah Valentine, Joel terheran-heran Clementine tak mengenalnya sama sekali. Tak hanya berperilaku aneh dan berlagak tak kenal, ia juga punya kekasih baru. Joel yang malang, ia pun murung di rumah sahabatnya. Di sana sobatnya, Rob, memberinya sebuah kartu yang aneh. Clementine rupanya telah menghapus ingatannya tentang Joel.

Joel pun mendatangi perusahaan tempat Clementine melakukan prosedur tersebut. Klinik Lacuna. Di sana ia menemui Mary si resepsionis dan bertemu Dr Howart. Ia diminta membawa semua barang berkaitan dengan Clementine agar ia juga menghapus ingatan tentang dirinya. Tunggu hati Joel merasa tak ingin. Tapi prosedur itu tetap berjalan. Joel mengucapkan selamat berpisah kepada ingatan manis dan pahit tersebut.

Film ini salah satu film yang kusukai dari Jim Carrey. Judulnya lumayan panjang, “Eternal Sunshine of The Spotless Mind”. Di sini Jim berperan sebagai Joel yang tenang dan tak banyak cakap. Sebuah peran yang sangat berbeda dengan peran Jim pada umumnya. Omong-omong di sini Jim jadi terlihat lumayan ganteng.

Sedangkan pemeran Clementine adalah peraih nominasi dan piala Oscar, Kate Winslet. Ia menjadi gadis impulsif yang suka mengubah-ubah dandanan rambutnya. Ia berpakaian eksentrik dan suka melakukan sesuatu secara spontan.

Pemeran lainnya adalah Kirsten Dunst sebagai Mary. Juga ada Elijah Wood dan Mark Ruffalo masing-masing sebagai Patrick dan Stan yang merupakan rekan kerja Mary dan staf Dr. Howard.

Di dalam film ini Jim dan Kate berakting secara brilian. Mereka berperan dalam film di luar zona nyamannya dan itu menarik. Jim ternyata bisa berakting dalam peran yang serius. Kate bisa tampil sebagai gadis yang suka berdandan eksentrik.

Kirsten masih muda di sini. Ia tampil manis seperti Mary Jane dalam “Spiderman”. Sedangkan Elijah Wood tetap imut seperti perannya sebagai Frodo dalam TLOTR. Nah Mark Ruffalo si Hulk juga masih chubby dan imut di sini. Dengan kacamata tebal dan peran sebagai teknisi prosedur hapus memori, gayanya sudah seperti si Hulk muda.

Dari segi cerita rupanya alur dalam film ini tidak berjalan linier. Bagian pertama yang muncul dalam film tersebut rupanya adalah bagian menjelang akhir cerita.

Inilah bagian menariknya.

Oleh karena filmnya sudah agak lama, tahun 2004, aku mau beri spoiler hehehe.

Joel dan Clementine rupanya bukan pasangan baru kenal. Mereka sudah menjalin hubungan selama dua tahun. Gara-gara pertengkaran hebat, Clementine kemudian memutuskan pergi ke klinik Lacuna untuk menghapus kenangannya. Joel yang sedih dengan perbuatan Clementine dan merasa menyesal pun ikut-ikutan.

Namun masing-masing karakter itu sebenarnya menyesal dengan apa yang mereka lakukan. Jauh di dalam benak mereka ada semacam kenangan seperti sebuah pesan tersamar bahwa ada kesempatan kedua jika mereka melakukan sesuatu. Pertemuan di Montauk.

Oleh karenanya pada hari itu keduanya secara spontan tergerak menuju Montauk. Keduanya bertemu di sana seperti orang asing. Keduanya lagi-lagi berkenalan dan jatuh cinta.

Rupanya cinta sejati tetap tak bisa dihalangi meski kenangan itu menghilang. Sebuah cerita romantis yang pelik dan unik. Skor 7.5/10.

Gambar dari imdb

~ oleh dewipuspasari pada Mei 3, 2020.

2 Tanggapan to “Cinta Kembali Hadir Meski Kenangan Mati dalam “Eternal Sunshine of The Spotless Mind””

  1. Kalau film tentang ingatan.. kayaknya masih juara…
    film Memento , Christopher Nolan.

    Tapi untuk.. penggambaran unik secara artistik.. film ini.. juga juara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: