Horor Klasik Tentang Si Pengasuh dalam “The Turning”

The turning
Ketika menyaksikan serial “The Haunting of Hill House” aku langsung teringat akan film “The Turning”. Jalan cerita dan nuansanya mirip-mirip. Kemudian baru ku tahu kedua film ini sama-sama mengadaptasi novelet berjudul “The Turn of The Screw” karya Henry James yang dirilis tahun 1898.

Rumah besar nan tua yang juga berada di tempat yang sepi terpencil memang sering dijadikan latar yang pas untuk film horor. Nuansanya saja sudah terasa seram, tinggal diberikan bumbu lainnya yang lebih menggigit.

Dikisahkan pada tahun 1994 ada seorang guru yang memutuskan untuk berhenti dan menjadi guru privat sekaligus pengasuh. Kate Mandell, si pengasuh yang diperankan oleh Mackenzie Davis, ini menerima tawaran untuk bekerja di Fairchild Estate, sebuah rumah besar di daerah pertanian yang nun jauh.

Di sana ia mendapat tugas untuk mengasuh anak perempuan berusia tujuh tahun. Flora (Brooklynn Prince), namanya. Kakak Flora, Miles (Finn Wolfhard) juga kemudian tinggal di rumah tersebut karena dikeluarkan dari sekolahnya.

The turning

Di dalam rumah tersebut hanya ada mereka bertiga dan Nyonya Grose yang mengurus urusan rumah tangga. Kemudian Kate merasakan ada sesuatu yang aneh di rumah ini yang coba ditutup-tutupi. Ketika gangguan tersebut makin mengusiknya, Kate pun mencari tahu.

Apa yang sebenarnya terjadi di rumah tersebut?

Cerita yang Klise
Tema film seperti ini sudah sering dilayarlebarkan sehingga nyaris tak ada sesuatu yang baru. Namun, Floria Sigismondi, si sutradara, berhasil menampilkan atmosfer yang creepy, suram, dan seram lewat tampilan bagian-bagian rumah dan sekelilingnya, juga nuansanya yang terasa sepi.

Atmosfer seram ini berhasil ditunjukkan ke penonton. Namun sayangnya tidak demikian dengan ceritanya. Eksekusinya kurang berhasil sehingga membuat sebagian penonton bisa jadi kebingungan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Ada sesuatu yang kurang utuh dan kurang mengalir sehingga ceritanya terasa kurang berkesan dan kurang menyakinkan. Alhasil ceritanya datar dan agak membosankan.

Tentang motivasi sosok-sosok horor tersebut kepada penghuni rumah, termasuk kepada Kate kurang jelas. Latar cerita kejadian sebelumnya yang menjadi latar belakang cerita kurang kuat.

Dalam film ini perhatianku tercurah pada sosok Finn Wolfhard yang mulai mencuri perhatian sejak tampil di “The Stranger Things”. Penampilannya juga mencolok di “It”. Di dalam “The Turning” ia cukup berhasil memberikan nyawa dalam karakter Miles, yang nampak dingin dan misterius.

The Turning

Skor: 6/10

Gambar: Universal Pictures

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 31, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: