“Soul” Animasi Pixar Tentang Perjalanan Ruh dan Makna Hidup

SoulKetika seseorang meninggal, apakah ia bisa kembali ke dunia menuntaskan mimpinya?

Pixar dan Disney akhir-akhir ini filmnya banyak berkaitan dengan dunia kematian. Setelah “Coco” dan “Onward”, kini hadir animasi terbaru dengan kisah perjalanan ruh berjudul “Soul”. Ia bisa disimak gratis sejak kemarin (25/12) di Disney Plus Hotstar.
“Soul” berkisah tentang Joe Gardner , seorang guru honorer musik di sekolah menengah. Ia mengajar band jazz di sekolah. Suatu ketika ia mendapat kabar baik, ia diangkat menjadi pegawai tetap.

Tapi kabar yang paling menyenangkan baginya ketika ia lolos audisi untuk tampil sebagai pianis di grup kuartet jazz, menemani legenda musik jazz, Dorothea Williams. Di tengah kegembiraannya, ia lupa dengan kondisi jalan dan jatuh ke lubang. Ketika bangun ia sudah di dunia ruh, menuju Great Beyond atau afterlife.

Piano
Menyadari waktu di dunianya bakal habis, maka ia kabur. Ia kemudian tiba di Great Before. Di sana ia bertemu ruh-ruh yang belum pernah lahir di bumi. Ia pun menyamar sebagai dokter dan didapuk oleh para Terry menjadi mentor ruh dengan kode 22, ruh yang enggan untuk ke bumi. Apakah Joe berhasil kembali ke bumi melalui bantuan 22?

Sebuah Film ‘Berat’ dengan Kemasan Ringan
Aku tak punya ekspektasi apapun tentang film ini. Kupikir film tentang musik jazz karena di awal film ini kaya akan musik jazz yang indah, mengingatkanku pada film animasi “A Monster in Paris” dan “The Princess and The Frog”.

Musik dalam film ini memang enak dinikmati, dari permainan piano Joe, musik kuartet jazz, juga musik skoringnya. Rupanya musiknya dibidani oleh Trent Reznor, dedengkot dari band rock industrial terkenal bernama Nine Inch Nails.

Jiwa
Trent Reznor kembali berkolaborasi dengan Atticus Ross. Duo ini telah membidani banyak skoring dari “The Sosial Network”, “Gone Girl”, “Mank”, dan “The Girl with The Dragon Tattoo”. Mereka berhasil meraih Oscar untuk “The Social Network”.

Tapi film ini utamanya bukan tentang hasrat bermusik. Film yang disutradarai oleh Pete Docter ini memiliki makna yang dalam. Ia tentang pendewasaan ruh dan menemukan makna dari hidup di dunia.

Ketika memasuki bagian dari dunia ruh, aku merasakan vibe dari cerita pendek “The Egg” karya Andy Weir yang dirilis tahun 2009. Ada beberapa karakter penjaga ruh di sini yang selintas agak mirip dengan animasi “The Egg” karya Kurzgesagt berdasarkan cerita Andy Weir. Nuansa mistik Timur, old soul, dan sebagainya juga dimasukkan dalam film ini seperti persiapan para ruh ke bumi, membaca mantra dan kemampuan astral, serta jiwa yang tersesat.

Soul Namun jangan kuatir meski temanya sebenarnya berat, penyampaian pesan ini dibawakan dengan ringan dan menyenangkan. Karakter Joe, si kucing, orang-orang di sekeliling Joe, dan para ruh itu menarik. Dunia ruh dengan warna-warninya sedikit mengingatkan akan “Inside Out” dan animasi Ralph. Visualnya, gambar dan warnanya indah. Bagian dunia manusianya juga detail.

Film ini diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures. Pengisi suara dalam animasi ini di antaranya Jamie Foxx, Tina Fey, Questlove, Phylicia Rashad, Daveed Diggs, dan Angela Bassett.

“Soul” memiliki pesan yang dalam tentang perjalanan ruh dan makna hidup di bumi yang disampaikan dengan visual yang indah, kemasan menyenangkan, dan musik yang indah”.

Skor: 8/10.

Sumber gambar: Pixar-Disney di IMDb, Variety, dan akun Twitter Pixar

Soul

~ oleh dewipuspasari pada Desember 26, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: