Kenalan Yuk dengan Investasi Crypto, Termasuk Plus Minusnya

Cryptocurrency

Ini salah satunya gara-gara Elon Musk sehingga investasi crypto semakin banyak diminati para investor di seluruh dunia. Dari mulai diperkenalkan tahun 2009 hingga sekarang peminatnya terus bertambah karena nilainya terus meningkat.

Awal-awal hadir cryptocurrency aku bingung kenapa jenis investasi ini populer. Beberapa rekan kerja sampai patungan membelinya. Kini mereka bercerita bila mereka telah meraih keuntungan berkali-kali lipat.

Dari informasi yang kukumpulkan, investasi di crypto ini ada beberapa poin plus dan minusnya. Apa saja?

Poin Plus
Harus diakui kehadiran cryptocurrency ini masih relatif baru bagi kalangan awam, termasuk aku. Namun, sejak lima tahun terakhir ia makin populer di kalangan milenial Indonesia

1. Jenisnya Banyak
Jenis mata uang crypto saat ini beragam. Hal ini bisa menjadi keuntungan atau malah sebaliknya, ia bisa jadi malapetaka apabila Kalian tidak bisa memilih dengan benar. Pasalnya, hanya beberapa mata uang digital tersebut yang memiliki nilai di pasaran. Wuiih

Walaupun demikian, jangan kuatir karena ada banyak pilihan jenis crypto yang juga populer di Indonesia. Ada Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Maker (MKR), Aave (AAVE), Saffron.finance (SFI), DFI.Money (YFII), yEarn Finance (YFI), Wrapped Bitcoin (WBTC), Pax Gold (PAXG) dan Bitcoin Cash (BCH).

Memilih dua atau beberapa di antaranya juga baik agar kalian dapat melakukan diversifikasi dalam berinvestasi.

Cryptocurrency

2. Keuntungan Berlipat
Tak sedikit kisah-kisah sukses mereka yang berhasil melakukan investasi crypto. Cerita temanku saja juga bikin aku ingin, meski kayaknya kalau untuk investasi di Bitcoin harganya sudah sangat tinggi. Bila melihat grafik di platform tokenomy, yaitu tempat pertukaran crypto secara global, maka nilai crypto dapat naik dan turun sewaktu-waktu. Tapi, nilainya bisa melejit lebih dari 300% dalam satu hari. Cocok sih buat mereka yang masih muda, dengan portofolio investasinya agresif, dan tidak jantungan.

Naik turunnya nilai crypto ini dikarenakan nilai mata uang digital ini bergantung kepada penawaran dan permintaan. Oleh karena itu, kalian perlu memantau pergerakan nilainya agar bisa mendapatkan untung, seperti jual beli di saham sih.

3. Banyak dipakai
Crypto ini mulai banyak dipakai untuk jual beli online di dunia. Hal ini menjadi pertanda bahwa mata uang ini mulai diterima oleh masyarakat global. Ke depan bisa jadi permintaan terhadap mata uang crypto ini akan meningkat pesat dan nilainya akan semakin tinggi. Tapi tetap Kalian perlu peka terhadap permintaan dan penawaran mata uang ini agar tidak rugi.

4.Teknologi Blockchain
Setiap mata uang digital ini menggunakan teknologi blockchain untuk proses transaksi dan lain sebagainya. Ia merupakan teknologi untuk penyimpanan data yang terhubung dengan kriptografi. Teknologi ini terus berkembang, sehingga penggunaan crypto semakin aman dan membantu mencegah pemalsuan uang.

5. Biaya Transaksi Ringan
Investasi pada mata uang digital relatif menguntungkan karena biaya transaksinya umumnya sangat rendah atau malah tidak ada sama sekali. Hal ini dapat terjadi karena crypto didukung teknologi blockchain yang memungkinkan transaksi menjadi lebih cepat sehingga biayanya lebih murah. Alhasil makin banyak yang melakukan investasi cryptocurrency.

Meski banyak poin plusnya, berinvestasi crypto juga ada poin minusnya yang perlu diwaspadai.

Poin Minus:

1. Nilainya Fluktuatif
Penawaran dan permintaan sangat mempengaruhi nilai mata uang digital. Jadi, sewaktu-waktu nilainya dapat melejit ataupun merosot. Hal ini akan menyulitkan Kalian untuk memprediksi nilainya di masa depan.

Terlebih bila Kalian sedang sial atau tidak jeli membaca pasar, maka kerugianlah yang akan Kalian peroleh. Waspadalah dan pilih mata uang digital yang benar-benar kalian tahu dan pahami.

Cryptocurrency

2. Hacker
Investasi cryptocurrency tentunya berkaitan dengan teknologi digital dan keamanannya. Sebaik apapun teknologi tersebut, ada risiko para hacker bisa saja menemukan celah pada sistem keamanannya. Untuk itu pilihlah platform crypto dengan keamanan terbaik untuk mencegah hal tersebut.

Selain emas, saham, valas, dan reksadana, maka kini ada alternatif melakukan Investasi crypto. Memang saat ini investasi crypto mulai populer, namun meski demikian, kalian perlu terus berhati-hati memilih jenis mata uang digital dan platform-nya agar dapat untung dan tidak malah buntung.

Sumber gambar: Suara, Investor Daily, dan Accurate ID

~ oleh dewipuspasari pada Maret 27, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: